Total Tayangan Halaman

Kamis, 09 Maret 2017

PAKET WISATA PANTAI JOGJA ( SNORKLING PANTAI NGLAMBOR – LUNCH PANTAI SIUNG – HIKING TRIP PANTAI BANYUTIBO – SUNSET BUKIT PENGILON ) PAKET WISATA ADVENTURE YOGYAKARTA ( SNORKLING PANTAI NGLAMBOR – LUNCH PANTAI SIUNG – HIKING TRIP PANTAI BANYUTIBO – SUNSET BUKIT PENGILON ) WISATA ALAM JOGJA ( SNORKLING PANTAI NGLAMBOR – LUNCH PANTAI SIUNG – HIKING TRIP PANTAI BANYUTIBO – SUNSET BUKIT PENGILON )









DREAMGEDE Wisata Jogja mengenalkan kamu kepada pesona alam pantai selatan Yogyakarta. Mungkin masih banyak wisatawan yang belum mengenal pantai Nglambor di Gunungkidul ini. Pantai Nglambor memang belum lama ini terkenal dan masih, juga pantai Siung dan keelokan Pantai Banyu tibo dan menikmati Sore Bukit Penggilon. 
Berbeda dengan pantai-pantai Gunungkidul lainnya, di Pantai Nglambor kamu tidak hanya bisa berenang namun juga bisa menjajal aktivitas snorkeling, kemudian Pantai Siung salah satu pantai indah di Gunung Kidul Jogja dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih.


DREAMGEDE Wisata jogja mengajak kamu dengan Akses jalan yang paling dekat untuk menuju lokasi air terjun “Banyu Tibo” dan “Bukit Pengilon” yakni melalui jalur pantai Siung sungguh pengalaman yang luarbiasa. Dalam Paket Wisata Pantai Alami Eksotis Yogyakarta.

OK langkah kita mulai dari Pantai Nglambor – Obyek wisata Gunung Kidul untuk anda penggemar snorkeling, tidak perlu repot-repot membawa bekal atau peralatannya. Di dalam area pantai ini tersedia warung makan yang dikelola oleh penduduk sekitar, juga ada tempat penyewaan alat snorkeling. 
Jadi, silahkan menikmati snorkeling Pantai Nglambor ini. Untuk setiap penyewaan alat snorkeling anda diharuskan mengeluarkan kocek sebesar Rp 50.000 per jam.
Lokasi Pantai Nglambor Wonosari berada di desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Dari Yogyakarta, pantai ini berjarak kurang lebih 70 km. Sangat mudah untuk ke lokasi pantai Nglambor. Anda tinggal mengikuti jalur menuju Pantai Siung. Setelah memasuki pos Siung, pengunjung akan dikenakan biaya tarif masuk 
 Info WA 081904169982 / BBM 5513A5A6


Pantai Nglambor berada di ujung jalan tersebut. Untuk mencapai bibir pantai, Anda harus melewati jalanan berbatu sehingga harus pake kaki ke sananya atau dengan mendaki bukit dan naik ojek motor dengan biaya Rp 5.000. Kendaraan beroda empat hanya bisa diparkir pada saat pos awal Pantai Nglambor, sebab akses untuk menuju pantai masih belum diperbaiki. Apabila pantai sedang dalam keadaan surut, Anda dapat berjalan menuju arah tebing dan karang-karang besar. Akan tetapi, jika air sedang pasang anda harus ekstra hati-hati dikarenakan ombak di Pantai Nglambor terbilang cukup besar.
PERJALANAN WISATA TERBAIK DI PANTAI NGLAMBOR
Akan lebih baik, Jika anda yang berdatangan dari luar kota atau baru tiba di Wonosari Gunung Kidul pas waktu sore ataupun malam hari untuk menginap terlebih dulu. Sayang kan jika jauh-jauh datang untuk bebrapa jam saja. Penginapan pantai nglambor dijamin membuat anda kerasan. Di sana memang tidak seperti pantai Indrayanti yang sudah dikelola dengan baik oleh pihak swasta, akan tetapi, kamu bisa mendpatkan hotel di area pusat kota Wonosari.
Nah saat fajar mulai beranjak, bangunlah dan langkahkan kaki anda menuju pantai Nglambor. Nikmati kesejukan udara dan ramahnya angin laut yang menyapa bak memberikan senyum cerah pada setiap orang yang mendatanginya. Jadi tak apa lah mencari hotelnya di kota Wonosari, selain murah, kita juga bisa bebas leluasa mencari menu makanan malam dengan harga yang lebih terjangkau.
Pantai Nglambor yang menarik, tentu keadaan inilah yang menjadikan pantai ini benar-benar masih natural. 
Pantainya Berbentuk teluk mungil dengan dua bukit yang mengapitnya. Pantai Nglambor benar-benar masih bersih dan alami. 
Tersembunyinya letak Pantai Nglambor ini, menjadikan pantai ini belum banyak wisatawan yang berkunjung. Tetapi justru itulah keasyikannya. 

Kita seolah-olah berada di pantai milik pribadi. Kamu dapat menikmati keindahannya dengan kondisi dan suasana yang apa adanya. Nyaman, menyejukkan, tanaman di sekelilingnya menjadikan kesan asri yang sungguh mendamaikan.
Untuk tempat parkir di pantai hanya bisa diperuntukkan buat sepeda motor saja. Karena akses jalan masuk ke pantai Nglambor dari jalan aspal yang belum memungkinkan untuk dilewati mobil. Jadi jika kamu berkunjung dengan membawa mobil, maka kamu harus memarkirnya lebih dulu di pinggir jalan menuju jalan masuk pantai. kemudian kamu harus naik ojek dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit.
Pantai yang sangat asri itu, paling asyik untuk dibuat snorkeling. Apalagi harga snorkeling Pantai Nglambor juga tergolong murah. Kamu dapat menyewa paket snorkeling Pantai Nglambor dengan harga Rp.50.000,- per set terdapat snorkel, masker, dan sepatu karet plus tiga frame foto di bawah air ketika sedang snorkeling.
Harga tiket masuk Pantai Nglambor Jogja adalah sebesar Rp. 5.000,- per orang sudah termasuk biaya parkir kendaraan bermotor yang akan ditarik retibrusi di pos masuk Pantai Siung. Jadi untuk biaya snorkeling di Pantai Nglambor cukup mengeluarkan uang sekitar Rp.50.000,-. Peta Pantai Nglambor Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta Indonesia, dari pusat kota Jogja dapat langsung menuju Jalan Wonosari kemudian Bukit Patuk menuju Bundaran Siyono sampai pada kota Wonosari ambil arah ke Pantai Siung, TPR Pantai Siung, sekitar 2 km dari TPR, belok kanan dan ikuti petunjuk arah menuju Pantai Nglambor.
Berbatasan langsung dengan Samudra Hindia menjadikan pantai-pantai di sepanjang pesisir selatan Yogyakarta memiliki karakter ombak yang cukup tinggi dan besar. Karena itu hampir di setiap pantai terdapat larangan untuk berenang di laut, bahkan jika ingin mandi-mandi dan bermain ombak hanya boleh di pesisir pantai yang dangkal. Kondisi ini menjadikan wisatawan tidak bisa melakukan aktivitas snorkeling.
Meski begitu Anda tidak usah buru-buru kecewa. Ternyata, di deretan pantai-pantai berombak besar tersebut tersembunyi satu pantai yang tenang dan berair dangkal sehingga cocok dijadikan tempat berenang maupun snorkeling. Pantai tersebut adalah Pantai Nglambor. info wisata Yogyakarta WA 081904169982 / SMS 08156504380
Berbentuk teluk mungil yang diapit dua bukit, Pantai Nglambor benar-benar masih bersih dan alami. Lokasinya yang tersembunyi menjadikan pantai ini belum banyak dikunjungi wisatawan, tapi justru disitulah keasyikannya. Kita seolah-olah berada di pantai pribadi. Untuk mencapai bibir pantai wisatawan harus memarkir kendaraan di tepi jalan kemudian berjalan kaki melewati ladang kacang dan deretan pohon pandan laut.

Tepat di depan teluk terdapat dua pulau karang yang bentuknya menyerupai dua kura-kura raksasa yang sedang berkejaran. Selain menambah kecantikan panorama pantai, dua pulau karang tersebut ternyata juga berfungsi sebagai penahan ombak. Hal tersebut menjadikan perairan di tepi pantai dangkal. Terumbu karang pun tumbuh dengan indah akibat terbebas dari terjangan ombak besar.
Air laut yang cukup jernih menjadikan wisatawan bisa melihat karang, rumput laut, ikan warna-warni yang berkejaran, serta aneka biota penghuni laut dari permukaan. Wisatawan pun bisa snorkeling atau berenang di pantai ini tanpa harus khawatir tergulung ombak besar.

Lokasi dan Akses ke Pantai Nglambor

Pantai Nglambor terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, dan berjarak sekitar 70 km dari Kota Yogyakarta. Pantai ini diapit oleh Pantai Siung dan Pantai Jogan. Untuk mencapai Pantai Nglambor wisatawan bisa mengikuti jalur menuju Pantai Siung. Setelah pos retribusi Siung, wisatawan akan bertemu dengan pertigaan. Silahkan belok kanan mengikuti pertigaan dengan jalur makadam, Pantai Nglambor ada di ujung jalan tersebut. INFO Wisata WA 081904169982 / BBM 5513A5A6
PANTAI SIUNG, Ingin mengunjungi pantai pasir putih ini?
 simak panduan lengkap rute lokasi Pantai Siung Jogjakarta ini
 





DREAMGEDE Wisata Jogja mengajak kamu para penikmat pantai, anda perlu mengetahui salah satu pantai yang asyik untuk dikunjungi, Pantai ini cukup luas untuk melakukan berbagai macam aktivitas, mulai dari bermain pasir dan ombak, memancing dan bermain voli pantai. Kondisi pantai ini tidak terlalu ramai dan cenderung sepi sehingga sangat nyaman dan tenang untuk berlibur, Pantai ini bernama pantai siung.
Salah satu pesona yang menonjol dari pantai siung ini adalah batu karanganya yang berukuran raksasa di sebelah timur dan barat. Batu karang ini memiliki peran yang penting bagi pantai ini. Selain untuk memperindah dan pembatas dengan pantai lain, karang tersebut menjadi dasar penamaan pantai ini.
Pantai siung terkenal dengan tebing karangnya yang kokoh, sehingga pantai ini sangat tepat bagi anda para pendaki atau siapa saja yang ingin mencoba sensasi mendaki tebing. Dari bebatuan karang yang kokoh ini anda bisa menikmati pemandangan laut lepas yang lain dari biasannya.
Hingga saat ini Pantai Siung memiliki 250 jalur pemanjatan dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Bahkan Pantai ini mendapat julukan sebagai The Best Rock Climbing Site in Yogyakarta.

Tidak menutup kemungkinan bila ke depannya nanti jumlah jalur pemanjatan ini akan terus bertambah.





Spot yang menarik untuk panjat tebing kelas Dunia di Pantai Siung

Lokasi – Pantai Siung tepatnya berada di Dusun Wates, Desa Purwodadi,  Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jaraknya sekitar 77 km dari kota Yogyakarta, Pantai ini sejalur dengan dengan pantai nglambor dan pantai jogan.
Akses – Untuk menuju ke pantai siung kami sarankan agar Anda harus menggunakan angkutan pribadi, lebih hemat dan lebih nyaman.
Tiket dan Fasilitas – Harga tiket masuk yang berlaku untuk Pantai Siung adalah Rp 5.000/ orang dan biaya parkir untuk kendaraan bermotor sekitar 2.000 Rupiah. Harga ini bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan pengelola.
Fasilitas yang disediakan di pantai siung cukup memadai seperti: tempat parkir yang luas, toilet umum, dan warung  yang menjual makanan dan minuman. Tersedia juga warung makan yang menyuguhkan menu-menu hasil olahan ikan laut. baca juga : http://cermin-jayaperkasa.blogspot.co.id/2013/10/paket-wisata-lombok.html








Hanya saja Pantai Siung ini belum menyediakan tempat penginapan, hanya saat keadaan darurat, ada pondok pemanjat yang berbentuk rumah panggung yang berkapasitas 12-15 orang yang dapat dipergunakan untuk bermalam. Jika anda ingin lebih menyatu dengan suasana alam maka akan lebih baik anda membawa tenda untuk berkemah di camping ground yang berada di balik tebing karang.





Setelah anda memakirkan kendaraan maka segeralah menuju ke lokasi wisata Pantai Siung Yogyakarta di mana anda bisa melihat pantai dengan pasir putih air lautnya yang begitu jernih berwarna biru. Jika anda tidak tahan dengan keindahan laut birunya maka anda boleh berenang dan bermain air di sekitaran pantai yang cukup aman karena terdapat area bebatuan karang yang datar. Kedalaman air di gugusan batu karang ini sangat pendek hanya sekitar satu meter saja.
Selain berenang dan bermain air di gugusan batu karang maka anda bisa beristirahat sejenak sambil menikmati pemandangan alam dari atas bukit yang berada di barat dan timur mengelilingi Pantai Siung. Dari atas bukit maka terlihat Samudera Hindia yang begitu luas dan jernih. Di bagian bukit sebelah barat maka terdapat fasilitas olah raga panjat tebing berskala internasional. Banyak sekali para wisatawan yang datang baik lokal maupun mancanegara datang ke tempat tersebut untuk mencoba olah raga panjang tebing yang menantang tersebut. Karena tingkat kesulitan panjat tebing tersebut maka daerah Pantai Siung ini sering digunakan sebagai lokasi mengadakan olahraga Panjat Tebing tingkat nasional dan internasional.





Banyak Spot - spot yang menantang dan menyenangkan untuk foto ria

Pantai Siung sendiri masih terbilang asri dan belum banyak terjamah oleh para wisatawan lokal maupun luar. Pantai Siung bisa juga dibilang surganya bagi para penggiat alam, karena disini kamu bisa melakukan kegiatan hiking, kemping dan panjat tebing.

Pantai Siung kaya akan karang-karang raksasanya yang memiliki 250 jalur pemanjatan, memfasilitasi penggemar olahraga panjat tebing, inilah tempat yang tepat untuk menikmati panorama pantai yang sexy. 

Fasilitas lain juga mendukung kegiatan panjat adalah Ground Camp yang ada disebelah timur pantai, disini kamu bisa mendirikan tenda serta bisa menggelar acara api unggun untuk melewati malam. INFO guide & Rent Car Wisata 08156504380



Pada saat malam atau kala sepi pengunjung, kamu akan menemukan sekelompok kera ekor panjang yang turun dari puncak tebing karang menuju pantai. 
Kera ekor panjang ini terbilang amatlah langka tetapi dipantai ini kita akan menjumpainya.
 
Area camping ground yang menghadap ke samudera, memberikan romanstis suasana tersendiri


Lokasi Camping Ground di Pantai Siung arah menuju PANTAI Banyu tibo

PANTAI BANYU TIBO, Air Terjun Grojogan Banyu Tibo atau Pantai Banyu Tibo adalah salah satu wisata di Gunungkidul yang memiliki air terjun yang unik.
Setelah menikmati Pantai Siung atau barangkali camping di Pantai Siung, sebelum-sebelumnya bisa snorkel di Pantai Ngelambor yang terletak tepat dibarat pantai Siung, karena kala itu pantai Ngelambor masih sangat sepi dan masih sangat ‘alami’, atau lewat pantai Nglambor ketika menuju pantai Siung dan sudah sangat ramai, bahkan di jalan utama sebelum masuk Pantai Nglambor. baca juga : http://cermin-jayaperkasa.blogspot.co.id/2014/06/wisata-budaya-kraton-yogyakarta.html
DREAMGEDE Wisata Jogja mengajak kamu di Pantai Siung untuk menyusuri perbukitan disebelah timur pantai Siung, tepatnya ke pantai Banyutibo.
Awalnya saya tau dari beberapa sumber bahwa nama dari daerah ini adalah pantai Banyutibo, tapi entah kenapa banyak sekali yang menyebut ‘Timur pantai Siung’ ataupun ‘Bukit Pengilon’. Okelah timur pantai siung tapi kan harus lewati 3 bukit, kalo ibarat Siung adalah pantai Pok Tunggal, 3 bukit disebelah timurnya sudah ada 3 pantai lagi.
Dan ada lagi yang menyebut ‘Bukit Pengilon’, mengatakan bahwa warga lah yang memberikan nama ‘Bukit Pengilon’, dan saya juga tau nama ‘pantai Banyutibo’ dari beberapa tulisan sebelum saya, yang katanya juga bersumber dari warga. 
Apalah namanya, semoga tidak mengurangi keindahan dan kesadaran pengunjungnya. Perjalanan trekking menuju pantai Banyutibo yang sepertinya masih sangat alami, karena sumber yang menginformasikan tentang keberadaan ataupun foto dari pantai Banyutibo sendiri masih sangat minim. 
Trekking dimulai dari menaiki tebing disebelah timur pantai Siung, tebing favorit wisatawan untuk mengabadikan moment wisata di Pantai Siung. Sesampainya diatas tebing, kami harus naik lagi menuju puncak dari bukit disebelah pantai Siung. Untuk orang seperti saya, ini sudah sangat menguras tenaga, namun harus tetap semangat karena tujuan kami masih sangat panjang. Trek selanjutnya adalah melewati hamparan sawah, kami sudah berada diatas bukit dan untuk menuju bukit yang kedua kami mengitarinya lewat atas melalui area persawahan dan perkebunan warga. Sedikit membingungkan, karena tidak ada petunjuk arah, dan area persawahan ini kadang buntu dan mengharuskan kami untuk memutar dan mencari jalan yang benar. Tak jarang kami jumpai warga setempat yang akan pergi ke ladang ataupun akan memancing ikan.
Pantai Banyu Tibo dari atas Bukit sangat indah Karunia Tuhan YME

Setelah melewati trek persawahan dan perkebunan dari kejauhan sudah nampak bukit hijau yang didominasi oleh rerumputan yang sangat luas dan bentuknya pun miring. namun untuk mencapai kesana kami harus naik lagi menuju atas bukit dan turun lagi melewati perkebunan dan beberapa kandang ternak warga, ada beberapa rumah warga, sangat jauh dari keramaian dan jauh dari warga lainnya. baca juga : http://cermin-jayaperkasa.blogspot.co.id/2015/08/paket-wisata-syariah-yogyakarta-tour.html
Kami juga melewati aliran sungai yang segar ketika trekking, sepertinya ini aliran sungai dari pantai banyutibo, karena Pantai Banyutibo adalah pantai dengan grojogan yang mengarah langsung ke laut.
Setelah lewati sungai dan trekking melewati area persawahan lagi, sampailah kami dialiran air dari sungai yang pertama kami temui tadi dan bukit hijau yang menjulang tinggi tepat didepan kami. Awalnya kami pikir perjalanan kami sudah selesai karena sudah sampai padang rumput yang luas, karena dibawahnya adalah pantai Banyutibo, begitulah yang saya tau ketika membaca beberapa artikel tentang pantai banyutibo. namun trekking kami masih berlanjut, kami harus melewati tebing miring yang dipenuhi rerumputan yang memiliki jalan setapak buatan dengan lebar hanya sekitar 30 cm. Sedikit membuat kami berdebar, namun keindahan tempat ini sungguh sangat membuat kami takjub.

DREAMGEDE Wisata Jogja dengan hati-hati karena ingin menyaksikan grojogan dari dekat, dan teman saya harus merangkak turun karena memang rerumputan disini sedikit licin karena semalah sempat gerimis. Pantai Banyutibo tidak terlalu besar dan tidak memiliki pasir, hanya ada bebatuan dan grojogan yang mengalir dari sungai menuju laut. Uniknya, tepat sebelum air jatuh menjadi grojogan, diujung bukit terdapat rumah salah satu warga yang halaman depannya adalah sungai yang jatuh ke laut, kebayang kan pemandangan yang mereka lihat setiap harinya.

Kami mengabadikan beberapa foto dan istirahat sejenak di ujung tebing miring yang berupa gundukan diatas bukit yang sedikit menjorok ke laut (mirip dipantai Siung) karena trekking menuju pantai Banyutibo dari pantai Siung cukup menguras energi kami. Kami trekking dan tersesat hingga akhirnya sampai kelokasi membutuhkan waktu sekitar 60 menit, dan kira-kira perjalanan kami sejauh 4 km, namun ketika sebelum berangkat tadi kami sempat bertanya warga, dan salah satu warga berkata ‘hanya 800 meter’.
Bukit Pengilon yang sangat indah dengan hamparan padang rumput hijau dan birunya Samudera. Lokasi wisata satu ini juga sedang hits di media sosial
Akses jalan yang paling dekat untuk menuju lokasi air terjun “Banyu Tibo” dan “Bukit Pengilon” yakni melalui jalur pantai Siung karena akses jalan dari Gunung batur masih sulit untuk ditempuh. Walaupun sulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama, para pengunjung dijamin tidak akan kecewa dengan keindahan dan panorama alam yang disajikan air terjun “Banyu Tibo” dan “Bukit Pengilon”. Ini akan membayar semua capek dan lelah selama perjalanan.
Guyuran air terjun yang jernih dengan ketinggian sekitar 20 m sangat cocok dinikmati bersama keluarga ditambah lagi dengan keindahan laut dari bukit yang datar laksana pengilon (kaca). Suasana asri dan belum terjamah manusia pasti membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati indahnya air terjun “Banyu Tibo” dan “Bukit Pengilon”.
Bukit nan luas ini sungguh membuat stamina kami terkuras dan rasa kagum dan puas kami terbayarkan oleh semua keindahan yang diberikan alam ini. 
Pemandangan yang sangat memukau hingga akhirnya perjalanan ini kami akhiri setelah melihat Bukit Pengilon dan pantai Wediombo. 
Menariknya lagi, bukit pengilon masih dalam satu rangkaian Geopark Gunungsewu, lokasi Bukit Pengilon berada di kaki Gunung Api Purba Batur.

Saya kembali harus berjalan di Bukit Pengilon, namun jalannya sudah sangat lebar dan lapang. Bukit Pengilon ini sedikit ditumbuhi tanaman. Rata-rata di Bukit Pengilon adalah hamparan rumput hijau. Ada beberapa sudut bukit yang dapat digunakan untuk bersantai dan swafoto. 







Landscape laut selatan terlihat sangat indah dari Bukit Pengilon, biru, biru dan biru. Apalagi saat memandang Pantai Banyutibo dengan air terjunnya. Yang berbahaya di Bukit Pengilon adalah anginnya. Karena bukitnya cukup tinggi, angin bertiup sangat kencang jadi hati-hati jangan terlalu nekat berada di pinggir.

Nama Bukit Pengilon diambil dari nama Pengilon (Jawa) yang artinya cermin dalam bahasa Indonesia. Kebetulan disana ada batu yang mirip cermin dandan. Perjalanan sejauh kurang lebih 1 kilometer naik turun bukit akhirnya terbayarkan dengan keindahan alam kabupaten Gunungkidul. Tepat di tengah hari saya kembali pulang, walaupun sampai kembali di Pantai Siung kaki lelah dan gemetar, saya terpuaskan.




Menekuni Tapakan Kaki Sampai Barisan Bukit PengilonBanyak gugusan bukit bukit yang terdapat digunungkidul terutama didaerah dekat pantai. Salah satunya adalah bukit pengilonThe Hidden Paradise Pesona Bukit Pengilon & Pantai Banyunibo 


Perjalanan ini sangat berharga untuk kami, sebuah pengalaman baru tentang alam yang masih asri dan masih bersih dari sampah-sampah plastik. 
Semoga untuk kedepan pantai ini tetap asri, dan jangan ada akses kendaraan menuju lokasi, karena dengan begitu para pengunjung bisa menikmati keindahan alam dengan trekking dan berinteraksi dengan para warga yang sangat ramah. Tetap jaga kebersihan dan bawa pulang sampah kalian, jaga keindahan dan tetap bersikap sopan.
baca juga : http://cermin-jayaperkasa.blogspot.co.id/2017/03/jasa-event-karnaval-yogyakarta-jasa.html


Pastikan perjalanan wisata di Yogyakarta bersama DREAMGEDE Tour & Travel untuk pelayanan Rent Car, Guide, Kuliner, oleh - oleh khas Yogyakarta semoga anda dan keluarga puas bahagia menikmati pelayanan kami yang cakep untuk wisata di Yogyakarta



WA 08190 4169 982
SMS 081 5650 4380
BBM 5513A5A6






























































0 komentar:

Posting Komentar