Total Tayangan Halaman

Rabu, 27 Maret 2019

WISATA MANDIRI DI PIYUNGAN BANTUL : TAMAN TEMPURAN CIKAL, WISATA MURAH DI PINGGIR SUNGAI TAMAN TEMPURAN CIKAL PIYUNGAN, MELIHAT ACARA NIKAH BARENG DI TAMAN TEMPURAN CIKAL PIYUNGAN BANTUL, NIKAH UNIK SAMBIL BERMAIN FLYING FOX DAN NAIK KAPAL SAMBIL MENDAYUNG DI TAMAN TEMPURAN CIKAL PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA








NIKAH Unik sambil naik flying Fox

prosesi akad nikah
Hallo sobat wisata bahagia di seluruh Indonesia dan dunia, DREAMGEDE Tour Travel tidak henti - hentinya melakukan exploitasi dan mempromosikan wisata - wisata baru di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Seperti contoh sekarang geliat masyarakat untuk meramaikan industri pariwisata di Yogyakarta ini terus berlanjut. Destinasi-destinasi baru di wilayah ini terus bermunculan seiring dengan meningkatnya kreatif masyarakat. Lahan atau wilayah yang awalnya dianggap tidak produktif kini telah banyak disulap oleh masyarakat menjadi sebuah destinasi wisata baru yang mampu mendulang rupiah.
DREAMGEDE Tour Travel mencatat dan meliput Seperti yang dilakukan oleh masyarakat Dusun Cikal, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul. Sejak setahun terakhir mereka berupaya merubah tanah wedi kengser di Tempuran (pertemuan dua sungai) antara Sungai Opak dengan Kaligawe. Tanah yang awalnya hanya lahan pembuangan sampah dirubah menjadi sebuah taman. Wisata baru ini bernama Taman Tempuran Cikal Piyungan. INFO & HARGA TIKET WISATA WA 08190 41 69982
PINTU Masuk ke Taman Tempuran Cikal
SEMUA senang dan gembira di Taman Tempuran Cikal

TAMAN TEMPURAN CIKAL
Sejak Februari 2018 lalu, masyarakat Dusun cikal bahu membahu membersihkan lahan yang awalnya terbengkelai. Sampah-sampah sisa-sisa banjir badai cempaka yang semula berserakan langsung diambil dan sebagian dibakar. Kontur tanah yang semula tidak rata coba diratakan demi membuat nyaman para pengunjung.
Masyarakat yang memiliki uang lebih rela menyisihkan rejeki mereka untuk memperlancar pembenahan lahan tersebut. Sementara warga yang tidak memiliki cukup uang tetap berkontribusi dengan menyumbangkan tenaga mereka untuk bergotongroyong. Hampir setiap minggu selama setahun terakhir, warga seolah tak kenal lelah mewujdukan impian mereka. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2019/03/cari-tempat-bulan-madu-di-yogyakarta.html
Kini, meski belum sempurna warga sudah membentuk sebuah taman. Masyarakat sekitar menyebut nama taman tersebut adalah Taman Tempuran Cikal. Lahan seluas 9.600 meter persegi tersebut kini mulai nampak asri. Melalui swadaya masyarakat, kini telah berdiri sekitar 14 warung yang menjajakan berbagai menu tradisional. 
Selain itu juga berdiri beberapa gazebo terbuat dari bambu, air mancur, kolam kura-kura, panggung terbuka dan 'pelabuhan kecil' untuk menambatkan perahu serta speed boat yang digunakan untuk wisatawan.

fasilitas Fly Fox

FASILITAS WISATA TAMAN TEMPURAN CIKAL
Tak ketinggalan juga beberapa arena permainan anak seperti permainan ayunan ataupun juga mini moto trail dan juga mini ATP. Arena outbond juga sudah ada meskipun belum begitu lengkap karena memang masih berproses untuk penyempurnaan. Ke depan, museum bahan pangan tradisional juga akan dibangun di wilayah ini. Beberapa destinasi di pinggiran Daerah Aliran Sungai (DAS) Kaligawe dan Sungai Opak sebenarnya sudah ada yang berdiri sebelumnya.
Dan hanya dengan kesederhanaan ternyata bisa menarik pengunjung. Seperti di Pasar Kebon pring, kontur tanah yang kami kelola ini juga sama. Karena inspirasi tersebut, sejak bulan Februari 2018 atau beberapa bulan paska badai Cempaka melanda wilayah ini, masyarakat mulai bergotong royong membersihkan tanah wedi kengser tersebut dan menatanya. Dengan melibatkan seniman-seniman lokal, warga berusaha mewujudkan taman yang mampu menarik pengunjung.
Murni dengan anggaran swadaya masyarakat, akhirnya terbangunlah sebuah taman. Selain taman, Dusun Cikal ini juga menawarkan wahana permainan air. Cukup dengan uang Rp 10.000, pengunjung dapat menyusuri sungai dengan speed boat. Jika ingin lebih tenang, pengunjung bisa memanfaatkan perahu jukung yang tiketnya lebih murah hanya Rp 5.000. Kalau ATP dan mini motor trail juga murah sama dengan speed boat. Untuk speed boat itu kita kerjasama dengan orang lain dengan sistem bagi hasil.
baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2019/02/cari-wedding-organizer-di-jogja-cari.html
Meski belum sempurna, namun setiap hari sudah ada pengunjung yang datang. Di akhir pekan, pengunjung yang datang mulai banyak dan masyarakat mulai merasakan dampak ekonominya. Masyarakat terutama ibu rumah tangga yang awalnya menganggur kini bisa berjualan di area taman tersebut.
Namun, sampai saat ini belum ada sepersenpun anggaran dari pemerintah yang masuk ke pengelola untuk mengembangkan taman tersebut. Untuk saat ini, semuanya murni swadaya masyarakat sehingga untuk menambah fasilitas memang belum bisa seperti yang diharapkan. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2019/01/jasa-pemandu-wisata-jogja-private-tour.html

PERESMIAN TAMAN TEMPURAN CIKAL  DAN NIKAH BARENG PEMILU DAMAI 2019 OLEH BUPATI BANTUL 

sambutan Bupati Bantul Bp Suharsono

Bupati Bantul Drs. H. Suharsono menghadiri Nikah Bareng dalam rangka Pemilu Damai 2019 sekaligus meresmikan Taman Tempuran Cikal Piyungan. Rabu 20 Maret 2019, Taman Tempuran Cikal mulai kita bangun sejak bulan Februari tahun 2018. Dengan semangat kegotong royongan dan keperdualian masyarakat Cikal, hingga sampai saat ini Taman Tempuran Cikal sudah mulai dikenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan di destinasi wisata baru Desa Srimulyo khusunya dan di Kabupaten Bantul.
Di Taman Tempuran Cikal sudah mempunyai beberapa wahana seperti prahu, speed boat, kano, mini trail, ATV dan flying Fox. Dengan program Desa Srimulyo yang pada tahun ini Desa Srimulyo mewakili Kabupaten Bantul untuk maju lomba Desa tingkat Provinsi.
Dalam sambutanya Bupati Bantul mengatakan, Pemilu adalah ritual demokrasi yang rutin kita laksanakan setiap lima tahun sekali, oleh karena itu mari bersama sama mewujudkan pesta demokrasi yang bermartabat dan berintegritas di Kabupaten Bantul.
"Mari terus kita jaga situasi kondusif di wilayah kita. Jangan mudah percaya dengan kabar berita yang belum tentu kebenaran dan sumbernya serta harus menggunakan media sosial dengan bijak," ujar Bupati. Bupati Bantul mengapresiasi seluruh masyarakat kelompok pengelola Taman Tempuran Cikal atas terobosan dan inovasinya untuk memberdayakan potensi alam yang ada sehingga akan memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2018/11/jual-tanah-kavling-murah-dekat-bandara.html

MENIKAH BARENG NAN UNIK DI TAMAN TEMPURAN CIKAL PIYUNGAN BANTUL






suasana tambah meriah dan promosi Event ini sangat menarik


Tidak kurang dari enam pasang pengantin yang turut serta dalam acara ini melangsungkan upacara penikahan di lokasi wisata Taman Tempuran Cikal, ada yang  prosesinya dimulai dari flying fox, gazebo bambu dengan tinggi 10 meter lebih, di atas hammock, naik perahu, speed boat hingga perahu kano. Tidak hanya lokasi yang unik, mahar pernikahan untuk pengantin pun tidak kalah unik yakni berupa teks pancasila dan buah durian.
Ketua Pelaksana Golek Garwo dan Nikah Bareng, Ryan Budi Nuryanta menuturkan mahar pengantin berupa buah durian dan teks pancasila memiliki makna bahwa pengantin nantinya dalam membina rumah tangga dan mendidik anak harus sesuai dengan ajaran dan nilai luhur pancasila.
Buah durian bermakna bahwa pernikahan harus bertamengkan pada Allah SWT, layaknya kulit durian yang kuat sebagai tameng buah itu. Ryan menambahkan dipilihnya lokasi ijab qabul yang berbeda memiliki makna bahwa meskipun berbeda namun semua pengantin memiliki satu tujuan yakni pernikahan. Sesuai dengan kondisi saat ini mendekati pemilu. Bahwa setipa orang punya pilihan yang beda tapi tujuannya sama. Berbeda tapi satu tujuan, tidak harus saling menjatuhkan tetap harus saling menghargai. Karena meskipun berbeda tapi tujuan kita sama. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2018/09/cari-terapi-al-fashdu-jogja-fashdu.html


Mahar Nikah Bareng

Lokasi ini merupakan area rekreasi dan outbond yang dikelola desa setempat yang letaknya di pinggir sungai. Nikah massal ini kami gelar sembari memperingati Hari Air Se-Dunia yang jatuh setiap tanggal 22 Maret.
Prosesi pernikahan dimulai dengan kirab Golong Gilig dengan barisan paling depan sepasang muda mudi membawa kendi berisi air perwito sari dan prasasti, bergodo prajurit, edan-edanan (sebagai tolak bala). Para pengantin lalu didudukan di pelaminan dari bambu yang dihibur tarian Nirboyo (tolak bala). Mereka kemudian minum air tirto wening atau zam-zam sebagai lambang mensucikan hati.
Tampak wajah para pengantin tegang meski senyum mereka tetap mengembang. Selanjutnya dilakukan prosesi pemberian mahar, yaitu teks Pancasila dan buah durian secara bersama-sama. Pernikahan dipimpin Kantor Urusan Agama Kecamatan Piyungan dengan saksi nikah panitia serta kepala dukuh setempat.
baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2018/08/cari-tiwul-cake-di-jogja-harga-tiwul.html
PASUKAN kirab Golong Gilig


Pentas Tari Edan Edanan




Para pengantin mengenakan busana berbagai daerah. Sedangkan ijab kabul dilakukan di enam titik berbeda seperti di sungai dan di atas pohon yang dipandu tim search and rescue (SAR) DIY. Lokasi ijab itu ada yang di atas pohon bambu yang disebut omah luwak, ada yang di hammock atau kain yang menggantung di pohon, juga ada yang menikah di wahana flying fox. Pasangan lainnya ada yang melangsungkan ijab kabul sembari naik kapal wahana itu, sembari naik speed boat, serta di atas kano.
Misi gelaran pernikahan massal ini menyebarkan virus menjaga keberlangsungan air sebagai sumber kehidupan dengan menjaga kebersihan sungai. Para pasangan itu kebanyakan berasal dari Yogyakarta. Para pengantin mendapatkan fasilitas gratis. Mulai biaya nikah, mahar, seperangkat alat sholat, cincin kawin, ijab uniq, pesta kerakyatan, bingkisan, busana dan tata rias, sampai dokumentasi dan bulan madu di homestay Tirto Raharjo Kasongan BantulPAKET WISATA JOGJA WA 08190 41 69982 / 0815 6504 380
Prosesi pernikahan itu dilakukan bersamaan dengan peresmian wahana wisata keluarga Taman Tempuran Cikal Bantul Yogyakarta ditandai pemukulan kentongan dan tanda tangan prasasti oleh Bupati Bantul Suharsono. baca juga :  http://dreamgedejogja.blogspot.com/2018/05/paket-wisata-dieng-paket-wisata-dieng-2.html






Pemilihan lokasi di Taman Tempuran Cikal, Piyungan pun dikatakan bukan tanpa makna. Taman Tempuran Cikal ini menjadi pertemua antara sungai gawe dan Sungai Opak, ibaratnya pertemuan dua arus ini adalah kekuatan besar dalam perpolitikan pilpres saat ini. Dua-duanya punya kekuatan besar, namun bersatu untuk kemajuan bangsa. Inilah yang harus disikapi masyarakat, jangan malah menyebarkan hoax dan kebencian.

Koordinator Panitia Penyelenggara menjelaskan enam pasangan ini melakukan prosesi ijab dengan enam wahana yang ada di Taman Tempuran Cikal, Srimulyo Piyungan. Di antaranya flyingfox, rumah luwak (rumah di atas pohon bambu), hammock, speedboat, kapal, dan kano. Nikah massal ini merupakan bagian dari peresmian objek wisata yang berada di lokasi pertemuan dua sungai, Sungai Gawe dan Sungai Opak. Mas kawin yang digunakan pun unik, buah durian dan pembacaan Pancasila. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2018/05/paket-wisata-dieng-paket-wisata-dieng-2.html

AKAD NIKAH DI ATAS RUMAH BAMBU



AKAD NIKAH DI HAMMOCK





AKAD NIKAH DENGAN FLYING FOX



AKAD NIKAH DI PERAHU




AKAD NIKAH DI KANO DAYUNG







Objek Wisata Yogyakarta di Kabupaten Bantul, Kabupaten Bantul terkenal dengan pantai Parangtritis yang merupakan Icon Yogyakarta. Jika sudah sering liburan ke Yogyakarta, mungkin banyak di antara kamu yang mulai bosan dengan destinasi wisata yang itu-itu saja.

Namun, masih banyak lho tempat di Jogja yang masih bisa dijelajahi. Salah satunya adalah Bantul. Kota yang identik dengan wisata pantai dan kerajinan kulitnya ini ternyata memiliki banyak sekali destinasi wisata yang instagramable, mulai dari puncak perbukitan yang kekinian hingga taman bunga warna-warni yang cantik. Catat dan siapkan ceklisnya untuk kunjunganmu ke Jogja dengan paket wisata DREAMGEDE Tour Travel.

Untuk yang suka berselfie atau berburu foto keren tentu akan menjadikan tempat wisata Bantul ini sebagai destinasi traveling favorit.tempat wisata di Bantul terbaru, kekinian, dan wajib dikunjungi oleh Anda yang memiliki rencana liburan ke Bantul. Temukan berbagai destinasi bersama DREAMGEDE Tour Travel. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2018/03/sewa-gedung-serbaguna-adisutjipto.html



SMS 081 565 043 80
WA 08190 41 699 82
BBM DC0A 1DEB

0 komentar:

Posting Komentar