Total Tayangan Halaman

Senin, 18 Januari 2021

WISATA GOA SELARONG, PAKET WISATA SEJARAH DAN BUDAYA DI GOA SELARONG, WISATA KULINER PUNCAK BIBIS DAN MONUMEN BIBIS, CARI INFO WISATA KE GUA SELARONG, WISATA MURAH KE PUNCAK BIBIS DAN MONUMEN BIBIS BANTUL, INFO TIKET WISATA KE GOA SELARONG YOGYAKARTA













JALAN menuju ke lokasi Goa selarong

air terjun goa selarong


Selamat pagi semangat selalu sehat sobat DREAMGEDE PRODUCTION & TOURTRAVEL di seluruh Nusantara tercinta. Awal tahun 2021 kita wisata sejarah dan budaya di Yogyakarta.

Tepatnya Goa Selarong sebagai basis perlawanan melawan penjajahan Belanda di Bumi Nusantara. Sebelumnya kita wisata santai dulu di Kuliner pucak Bibis dan Sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia yaitu Monumen Bibis sebagai tempat perencanan serangan Umum 1 Maret 1949 yang menguncang Dunia.


KULINER NDESO PUNCAK BIBIS


kuliner gowes puncak bibis

SUASANA hangat alam pedesaan


Angkringan Puncak yang ada di daerah Bibis Bangunjiwo. Sobat ahli Goweser pasti pernah ke sini kan? Karena tempat ini sangat terkenal dikalangan pecinta sepeda.

Tempat makan angkringan yang berada di Puncak Bibis, Desa Guwosari, Kasihan, Bantul menjadi idola untuk mencoba track menantang. Sekaligus kulineran, menikmati teduhnya pemandangan kota Yogyakarta. Berkunjung ke angkringan Puncak Bibis, memang tak semegah puncak sosok yang ada di Pleret, ataupun Bukit Bintang di Pathuk untuk menyaksikan langsung kota Yogyakarta dari ketinggian. BACA Juga : JUAL PISANG MENTAH MURAH DI JOGJA, CARI BAHAN PISANG DI JOGJAKARTA, JUAL PISANG KEPOK DAN PISANG RAJA MURAH DI YOGYAKARTA, PRODUSEN PISANG MENTAH JOGJA, INFO PISANG MURAH JOGJA, HARGA PISANG MENTAH YOGYAKARTA ~ MULTIMEDIA DAN WISATA JOGJA (dreamgedejogja.blogspot.com)

Namun, sangat layak dijadikan tempat meneduh sekaligus menepi sejenak, dari hingar-bingar suasana perkotaan. di sana menyajikan sejumlah kuliner masakan tradisional. Mulai dari mangut lele, sayur lodeh, daun kates, sayur lompong, bubur hingga bermacam-macam camilan. Angkringan Puncak Bibis buka setiap Selasa - Minggu, dari pukul 06.00 pagi sampai habis. Mengunjungi angkringan puncak bibis karena suka dengan menu makanan tradisional. Selain itu, terpikat dengan suasananya. PAKET WISATA JOGJA WA 0819 0416 9982


KULINER Khas puncak bibis Bantul


Gimana udah mulai tergiur wisata kuliner puncak bibis buat didaftar jalan murah meriah ke Jogjakarta Istimewa ? Segera aja ya dan nikmati spot murah meriah ini ya. Ajak kawan keluarga sahabat orang tercinta buat jalan kemari YA. 


MONUMEN BIBIS 
SAKSI PERJUANGAN KEMERDEKAAN INDONESIA





relief perjuangan 


Wisata Sejarah Monumen Bibis di Kasihan Bantul Yogyakarta adalah tempat wisata yang tenang damai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Memiliki pesona sejarah budaya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di Yogyakarta tidak mengunjungi Objek Wisata sejarat Monumen Bibis ini.

Wisata Monumen Bibis sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan murah anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya. baca juga : WISATA KOTA MAGELANG, WISATA KELUARGA KE MAGELANG : MUSEUM BPK DAN MUSEUM DIPONEGORO, WISATA PEMANDIAN BLABAK MAGELANG, JALAN – JALAN KE KOTA MAGELANG : MUSEUM DIPONEGORO DAN MUSEUM BPK, WISATA KELUARGA KE PEMANDIAN BLABAK, WISATA SENDANG HAGENG BLABAK MAGELANG, 3 WISATA VIRAL MAGELANG : PEMANDIAN SENDANG HAGENG BLABAK, MUSEUM BPK, DAN MUSEUM DIPONEGORO ~ MULTIMEDIA DAN WISATA JOGJA (dreamgedejogja.blogspot.com)




Tanda peringatan monumen Bibis

suasana dalam rumah tempat perundingan dan perencanaan strategi

Monumen Bibis dibangun dalam sebuah kompleks atau kawasan yang terdiri dari beberapa bangunan utama. Bangunan yang ada terdiri dari monumen, pendapa, ruang pamer koleksi, panggung, dinding relief, dan toilet. 

Pendapa di sisi kiri dari bangunan itu dilengkapi dengan diorama. Bangunan pendapa dan kelengkapan lain dibangun pada tahun 1979. Selain itu di depan pendapa ini juga ditelakkan tiga buah prasasti, masing-masing dari Dinas Sosial Provinsi DIY, Batalyon 8 Resimen Mahakarta Universitas Islam Indonesia yang ditandatangani oleh Pangdam IV/Diponegoro, Harsudiyono Hartas tertanggal 1 Agustus 1986, dan dari Yayasan Monumen Yogya Kembali yang ditandatangani oleh R.H. Soerjono pada tanggal 1 Maret 1998.

Di dalam masa revolusi pernah menjadi markas pasukan Letnan Kolonel Soeharto ini, sekarang terdapat sebuah monumen. Monumen yang diberi nama Monumen Perjuangan Dukuh Bibis memang dibangun untuk mengenang perjuangan mempertahankan kemerdekaan yang dilakukan rakyat bersama pasukan TNI yang dipimpin oleh Letnan Kolonel Soeharto. Monumen ini terdiri dari tiga bangunan pokok yaitu pendopo joglo, museum dan rumah asli Kepala Dukuh Bibis. INFO GUIDE WISATA WA 0819 04169 982




prasasti monumen Bibis

rumah koleksi peninggalan sejarah, perlu adanya renovasi karena sebagai bukti sejarah Indonesia




WISATA SEJARAH PERJUANGAN 
PANGERAN DIPONEGORO : 
GOA SELARONG


Disini goa selarong tempat pangeran Diponegoro menyusun strategi





tangga menuju tempat goa selarong

Goa Selarong yang merupakan tempat semedi dan mengatur strategi oleh Pangeran Diponegoro dalam melawan Belanda yang terkenal dengan sebutan Perang Jawa. Perang Jawa yang berlangsung 1825-1830 betul-betul sangat menguras tenaga dan keuangan Belanda. 

Sehingga Belanda terpaksa berbuat licik dengan menipu Pangeran Diponegoro pura-pura mengadakan perjanjian namun kemudian menangkap dan mengasingkan ke luar dari Tanah Jawa. Goa Selarong yang berada di Dusun Kembang Putihan, Desa Goa Sari, Kecamatan Pajangan, Bantul Jogjakarta adalah sebuah goa buatan yang berada di tebing kapur yang nyaris tegak lurus. Goa ini dibuat sebagai tempat persembunyian dan menyusun strategi Pangeran Diponegoro dalam perang gerilya selama lima tahun. Goa ini ada dua buah, yakni Goa Kakung tempat pangeran Diponegoro bersembunyi dan Goa Putri tempat berada para selir Pangeran Diponegoro. baca juga : WISATA UNIK DI HEHA SKY VIEW JOGJA, PAKET WISATA ROMBONGAN KE HEHA SKY VIEW JOGJA, INFO LOKASI HEHA SKY VIEW JOGJA, CARI PEMANDU WISATA HEHA SKY VIEW YOGYAKARTA ~ MULTIMEDIA DAN WISATA JOGJA (dreamgedejogja.blogspot.com)


Suasanan tenang nyaman dan sejuk di area wisata Goa Selarong





Kompleks Goa Selarong berada di tempat perbukitan kapur dengan tinggi kurang lebih 35 meter. Di sekitar temppat ini ditumbuhi oleh pohon-pohon yang begitu lebat dan rindang. Secara jelasnya deskripsi Goa Selarong sendiri letaknya sangat curam, untuk mencapai goa ini Anda harus melewati beberapa ratus anak tangga sejauh 400 meter.

Goa Selarong ini bisa dikatakan sempit karena hanya memiliki lebar hanya 3 meter saja. Tingginya pun tidak sampai 2 meter. Adapun panjang ke dalamnya sekitar 3 meter. Goa yang dijadikan markas Pangeran Diponegoro ini berbentuk bukit batu dengan 2 buah lubang. Konon kedua lubang itu dahulunya dijadikan sebagai tempat bersembunyinya Pangeran Diponegoro ketika dikejar oleh Belanda. Selain goa Selarong, adapula goa lainnya yang merupakan bagian dari Selarong. Di wisata ini terdapat 2 goa lainnya yang merupakan bagian dari Goa Selarong, yakni Goa Kakung dan Goa Putri.

Apabila musim hujan tiba, Anda bisa menyaksikan air terjun Goa Selarong yang terletak di sekitar goa ini. Ya air terjun ini jaraknya haya beberapa meter dari gua. Menariknya, di Goa Selarong ini terdapat pula dua buah sendang. Sendang itu adalah yaitu Manik Moyo dan Umbul Moyo. baca juga : WISATA KE GEMBIRA LOKA DARI SEMARANG, WISATA KE GEMBIRA LOKA DARI JAKARTA, CARI PAKET WISATA KELUARGA KE GEMBIRA LOKA ZOO YOGYAKARTA, GUIDE WISATA KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA JOGJAKARTA, PAKET WISATA SEKOLAH KE GEMBIRA LOKA YOGYAKARTA DARI SEMARANG, PAKET WISATA SEKOLAH KE GEMBIRA LOKA YOGYAKARTA DARI JAKARTA, PAKET WISATA SEKOLAH KE GEMBIRA LOKA YOGYAKARTA DARI SURABAYA, INFO HARGA TIKET KE GEMBIRA LOKA JOGJA ~ MULTIMEDIA DAN WISATA JOGJA (dreamgedejogja.blogspot.com)


PEMANDANGAN DI SEKITAR GOA SELARONG




Sendang di atas Goa Selarong


menuju goa kakung dan goa putri


Sejarah Goa Selarong terkait langsung pada perjalanan hijrah yang dilakukan oleh pangeran Diponegoro. Pada tanggal 20 juli tahun 1825, pasukan Belanda melakukan penangkapan pangeran Diponegoro di rumah Puri Tegal Rejo. Saat proses penangkapan tersebut pangeran Diponegoro tidak ada sehingga rumahnya dibakar oleh Belanda. Semenjak rumahnya dibakar maka, pangeran Diponegoro berlindung di Goa Selarong.

Tidak hanya pangeran Diponegoro dan istrinya saja yang tinggal disini. Bahkan para pengikutnya juga ikut ke Goa Selarong. Tempat ini tersembunyi sehingga saat berada disana, pangeran Diponegoro dan pengikutnya sangat leluasa memikirkan strategi perlawanan terhadap Belanda supaya menang. INFO PAKET WISATA JOGJA WA  0819 0416 9982

Wisata jogja Selarong merupakan cekungan yang lebarnya mencapai 3 m, sedangkan tinggi sekitar 2 m dan bagian dalamnya hanya 3 m. Uniknya goa ini memiliki dua buah goa. Pertama goa diberi nama lanang, goa ini awalnya digunakan oleh pangeran Diponegoro dalam menyusun strategi peperangan melawan menjajah. Goa lanang juga menjadi tempat persembunyian utama pangeran Diponegoro. Goa kedua diberi nama wadon, dulunya adalah sebuah tempat tinggal dari istri pangeran Diponegoro yang bernama RA Ratnaningsih. Tempat tinggalnya di Goa Wadon selama zaman peperangan berlangsung. BACA Juga :  INFO WISATA KE BUKIT LINTANG SEWU JOGJA, CARI PEMANDU WISATA KE BUKIT LINTANG SEWU YOGYAKARTA, HARGA TIKET WISATA KE BUKIT LINTANG SEWU BANTUL, EVENT CALENDER EVENT JOGJA TAHUN 2020, HARGA PENGINAPAN MURAH DI WISATA BUKIT LINTANG SEWU BANTUL YOGYAKARTA, PAKET WISATA MURAH KE BUKIT LINTANG SEWU ~ MULTIMEDIA DAN WISATA JOGJA (dreamgedejogja.blogspot.com)

Selama bermarkas di Selarong pasukan Belanda telah melakukan penyerangan tiga kali Serangan pertama pada tanggal 25 Juli 1825 yang dipimpin oleh Kapten Bouwes. Serangan ini merupakan aksi perlawanan Pangeran Diponegoro di Logorok dekat Pisangan Yogyakarta, yang mengakibatkan 215 pasukan Belanda menyerah. Serangan kedua pada bulan September 1825 di bawah pimpinan Mayor Sellwinj dan Letnan Kolonel Achenbac dan serangan ketiga tanggal 4 November 1825. Setiap pasukan Belanda menyerang Selarong maka Pasukan Pangeran Diponegoro menghilang di goa-goa sekitar Selarong.






di depan Goa Putri



AIR TERJUN  Alami di sekitar Goa Selarong

GAZEBO tempat untuk berkumpul dan istirahat



Taman bermain anak - anak

Pangeran Diponegoro yang dilahirkan dengan pada 11 Nopember 1785 kini diperingati dalam sebuah ritual Grebeg Diponegoro atau Grebeg Selarong pada setiap tanggal tersebut. Acara bukan hanya dengan membuat gunungan hasil bumi yang disajikan untuk seluruh warga Desa Gowasari tempat di mana Goa Selarong berada. Tetapi juga diadakan pengajian.

Keramatnya kompleks Goa Selarong dengan pintu goa gaibnya ini memang telah tersohor di berbagai kalangan. Bisa dikatakan goa selarong adalah tempat yang cukup angker. Apalagi ketika pada malam-malam seperti Jumat Kliwon atau malam Selasa Kliwon. Di dalam perut goa ini tiba-tiba terdengar lantunan gending-gending Jawa yang sedang ditabuh. Seperti nyata ada suara tetapi tidak ditemukan wajahnya. baca juga : JASA PEMANDU WISATA DI JOGJA, CARI TOUR GUIDE JOGJA, PEMANDU WISATA YOGYAKARTA, INFO GUIDE TOUR YOGYAKARTA, CARI TOUR LEADER WISATA JOGJA, HARGA PEMANDU WISATA YOGYAKARTA ~ MULTIMEDIA DAN WISATA JOGJA (dreamgedejogja.blogspot.com)

AYO wisata budaya dan sejarah di Yogyakarta



Sahabat wisata DREAMGEDE TOUR TRAVEL, Selain wisata Goa Selerong, ada banyak sekali wisata alam Bantul lainnya yang bisa Anda kunjungi. Ada Pantai Goa Cemara, Gumuk Pasir Parangkusumo, Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus, Pantai Baru, Cemara Sewu, Pantai Depok, dan Parangtritis. Uniknya di pantai Parangtrits, terdapat kampung edukasi Watu Lumbung Parangtritis. Jadi selain Anda berwisata ke pantai, Anda juga bisa belajar bersama di tempat ini. baca juga : TEMPAT HIBURAN ANAK - ANAK UNTUK LIBURAN NATAL DAN TAHUN BARU DI JOGJA, PAKET LIBURAN NATAL DAN TAHUN BARU DI JOGJA DARI JAKARTA, PAKET LIBURAN NATAL DAN TAHUN BARU DI JOGJA DARI SEMARANG, 17 TEMPAT WISATA KEKINIAN DI JOGJAKARTA UNTUK KELUARGA, 17 TEMPAT WISATA ANAK DI YOGYAKARTA, CARI TEMPAT WISATA EDUKASI ANAK – ANAK DI JOGJA DARI SEMARANG, CARI TEMPAT WISATA EDUKASI ANAK – ANAK DI JOGJA DARI JAKARTA, PEMANDU WISATA UNTUK ANAK – ANAK DI JOGJAKARTA, PEMANDU WISATA UNTUK REMAJA DI JOGJAKARTA ~ MULTIMEDIA DAN WISATA JOGJA (dreamgedejogja.blogspot.com)

Yogyakarta SURGA wisata Dunia. Kami DREAMGEDE TOURTRAVEL yang sudah pengalaman dan melayani banyak wisatawan domestik dari pulau Jawa maupun luar Jawa yang ingin liburan dan menikmati banyak tempat wisata di Yogyakarta / Jogja dan sekitarnya. Kami juga melayani paket perjalanan dinas untuk instansi pemerintah maupun swasta dengan SOP yang mudah dan cepat. Jadi nikmatilah Paket Wisata Yogyakarta dan sekitarnya bersama kami silahkan request sesuai dengan keinginan Anda dan jangan ragu untuk bertanya kepada kami, liburan anda jadi menyenangkan di Yogyakarta Istimewa.




WA      0819 0416 9982
SMS    081 565 04380
IG        dreamgede_yk



0 komentar:

Posting Komentar