Total Tayangan Halaman

Senin, 23 September 2019

PAKET WISATA MURAH BANGET DI JOGJA, WISATA KELUARGA DI JOGJAKARTA, CARI PEMANDU WISATA DI JOGJAKARTA, INFO WISATA MURAH UNTUK KELUARGA DI YOGYAKARTA, WISATA KE MASJID KAUMAN DAN ALUN – ALUN KIDUL YOGYAKARTA, KISAH WISATA BACKPACKER DI JOGJA, CARI INFO WISATA MURAH DI YOGYAKARTA







alun - alun kidul begitu mengesankan bagi keluarga


mengenal sejarah peradaban Islam di Yogyakarta

jelajah desa di jogja begitu natural

Semangat pagi sahabat DREAMGEDE TOUR & TRAVEL, Buat kalian yang hobi banget berkunjung ke tempat-tempat baru, Yogyakarta punya banyak tempat yang Instagramable banget. Pastinya seru banget! Kamu gak mau ketinggalan kan? 

Berbeda dengan kebanyakan kota besar lain di Indonesia, suasana keseharian di Yogyakarta jauh lebih santai. Warganya begitu ramah, makanannya serba enak, dan banyak sekali tempat-tempat menarik untuk dikunjungi. Sebagai pusatnya kesenian dan budaya Jawa, Yogyakarta kaya akan adat dan tradisi dari berabad-abad lalu. Berbeda dengan provinsi lain di Indonesia, pemerintah daerahYogyakarta secara turun temurun dipimpin oleh seorang Sultan, sehingga menjadikan daerah ini layak menyandang titel Daerah Istimewa. Selain berbagai bangunan bersejarah yang sudah banyak dikenal orang, seperti candi dan keraton, Yogyakarta juga banyak menyimpan kekayaan alam yang amat luar biasa. PAKET WISATA JOGJA MURAH WA 08190 41 69982
Anda bingung mau liburan ke mana, DREAMGEDE TOUR & TRAVEL beberapa rekomendasi kami tentang tempat-tempat menarik di Yogyakarta.


candi Sambisari yang mempesona



relax sebantar di masjid gedhe Kauman

 





baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2018/09/paket-wisata-murah-semarang-keliling.html
Jogja daerah istimewa! yang begitu dikenal akan kebudayaan dan seni. Budaya Jawa yang begitu kental. Jogja juga dikenal destinasi favorit bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Jika datang berkunjung ke Jogja maka kita wajib datang ke tempat wisata hits di Jogja atau tempat wisata lainnya yang bisa dipesan di DREAMGEDE TOUR TRAVEL. Berikut adalah sebagian tempat wisata hits di Jogjakarta :

1.   CANDI SAMBISARI





Saat mengarahkan pandangan ke tengah areal candi, hanya tampak susunan batu atap yang seolah hanya bertinggi beberapa meter di atas tanah. Kami bertanya-tanya, apa benar Candi Sambisari hanya sekecil itu? Setelah mendekat, barulah kami mendapat jawabannya. Ternyata, Candi Sambisari berada 6,5 meter lebih rendah dari wilayah sekitarnya.

Candi Sambisari diperkirakan dibangun antara tahun 812 - 838 M, kemungkinan pada masa pemerintahan Rakai Garung. Kompleks candi terdiri dari 1 buah candi induk dan 3 buah candi pendamping. Terdapat 2 pagar yang mengelilingi kompleks candi, satu pagar telah dipugar sempurna, sementara satu pagar lainnya hanya ditampakkan sedikit di sebelah timur candi. Masih sebagai pembatas, terdapat 8 buah lingga patok yang tersebar di setiap arah mata angin. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2019/08/wisata-pantai-parangtritis-dan-gumuk.html




setiap sudut Candi Sambisari perlu di abadikan

Bangunan candi induk cukup unik karena tidak mempunyai alas seperti candi di Jawa lainnya. Kaki candi sekaligus berfungsi sebagai alas sehingga sejajar dengan tanah. Bagian kaki candi dibiarkan polos, tanpa relief atau hiasan apapun. Beragam hiasan yang umumnya berupa simbar baru dijumpai pada bagian tubuh hingga puncak candi bagian luar. Hiasan itu sekilas seperti motif-motif batik.

Menaiki tangga pintu masuk candi induk, anda bisa menjumpai hiasan berupa seekor singa yang berada dalam mulut makara (hewan ajaib dalam mitologi Hindu) yang menganga. Figur makara di Sambisari dan merupakan evolusi dari bentuk makara di India yang bisa berupa perpaduan gajah dengan ikan atau buaya dengan ekor yang membengkok.

Selasar selebar 1 meter akan dijumpai setelah melewati anak tangga terakhir pintu masuk candi induk. Mengelilinginya, anda akan menjumpai 3 relung yang masing-masing berisi sebuah arca. Di sisi utara, terdapat arca Dewi Durga (isteri Dewa Siwa) dengan 8 tangan yang masing-masing menggenggam senjata. Sementara di sisi timur terdapat Arca Ganesha (anak Dewi Durga). Di sisi selatan, terdapat arca Agastya dengan aksamala (tasbih) yang dikalungkan di lehernya.
baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2019/07/paket-wisata-di-bantul-piyungan-wisata.html



halaman candi sambisari

Bila telah puas menikmati keindahan candi, anda bisa menuju ke ruang informasi. Beberapa foto yang menggambarkan lingkungan sawah Karyowinangun sebelum digali dan kondisi awal candi ketika ditemukan bisa ditemui.

Ada pula foto-foto tentang proses penggalian dan rekonstruksi candi yang berjalan puluhan tahun, termasuk foto benda-benda lain yang ditemukan selama penggalian, berupa arca dari perunggu yang kini disimpan di Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala.



Candi sambisari cocok untuk wisata kelurga

SEJARAH PENEMUAN CANDI SAMBISARI


Di tahun 1966. Tapi sebuah kejadian langka dialaminya di sawah kala itu, ketika sedang mengayunkan cangkulnya ke tanah. Cangkul yang diayunkan ke tanah membentur sebuah batu besar yang setelah dilihat memiliki pahatan pada permukaannya. Karyowinangun dan warga sekitar pun merasa heran dengan keberadaan bongkahan batu itu.

Dinas kepurbakalaan yang mengetahui adanya temuan itu pun segera datang dan selanjutnya menetapkan areal sawah Karyowinangun sebagai suaka purbakala. Batu berpahat yang ditemukan itu diduga merupakan bagian dari candi yang mungkin terkubur di bawah areal sawah. Penggalian akhirnya dilakukan hingga menemukan ratusan bongkahan batu lain beserta arca-arca kuno. Dan benar, batu-batu itu memang merupakan komponen sebuah candi. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2019/05/paket-wisata-smart-village-jogja-2-hari.html

Sejak tahun 1987 keindahan candi Sambisari akhirnya bisa dinikmati. Bangunan candi yang dinamai Sambisari itu berdiri megah di Dusun Sambisari, Kelurahan Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman, 10 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Anda bisa menjangkau dengan berkendara melewati lintas jalan Yogya-Solo hingga menemukan papan penunjuk menuju candi ini. Selanjutnya, anda tinggal berbelok ke kiri mengikuti alur jalan. INFO WISATA JOGJA SMS 0815 6504 380 / WA 0819041 699 82


2.  KULINER SOTO BATOK





Soto Bathok Mbah Katro Jogja merupakan nama warung di sekitar kawasan candi Sambisari, Jogja. Warung ini terkenal karena menyajikan masakan soto di dalam bathok atau tempurung kelapa. Daya tarik lainnya di warung ini pengunjung bisa menikmati pemandangan sawah yang ada di sebelah selatan. Selain itu harganya relatif murah dan tempe gorengnya Garing dan renyah. 



Penyajian menu Soto Bathok Mbah Katro adalah nasi putih dengan soto yang berisi potongan daging sapi kecil-kecil, kecambah (tauge), bawang merah goreng dan juga taburan selederi yang menambah citarasa sedap pada masakan tersebut. Kuah Soto ini disajikan bening dan cukup banyak.
Soto ini nampak segar dan tidak berlemak. Saat dicicipi kuah soto yang bening ini memunculkan rasa yang ringan dan segar perpaduan antara kuah bening dengan tauge. Soto ini akan terasa lebih nikmat jika disantap dengan tambahan perasan air jeruk nipis. Anda bisa menambahkan kecap dan juga sambal sesuai selera. 
Saat memasuki warung makan ini pengunjung akan merasakan damai karena pemandangan indah yang disuguhkan di sekitar. Pengunjung dapat memilih untuk duduk di bangku yang terbuat dari bambu maupun duduk di tempat lesehan. Sambil menunggu pesanan datang, pengunjung dapat menyaksikan hamparan sawah yang mempesona.
baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2019/04/gerakan-sedekah-sehat-indonesia-buat.html

3.  MASJID GEDHE KAUMAN






Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta, Sebuah masjid yang dibangun di atas tanah Kraton Yogyakarta. Masjid ini berada di sebelah barat Alun-alun Utara dan sebelah barat daya Kraton Yogyakarta. Alamat pastinya berada di Kampung Kauman, Kelurahan Ngupasan, Kota Yogyakarta. Masjid Gedhe Kauman ini masih satu kesatuan dengan Kraton Yogyakarta.
Nama Gedhe yang berarti Agung menyebutkan masjid ini juga sering dikenal dengan Masjid Agung dan juga Masjid Raya Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebuah masjid yang dibangun di atas tanah dengan luas 16.000 meter persegi dan luas bangunannnya 2578 meter persegi ini dapat menampung jamaah samapi 1500 jamaah.
Masjid Gedhe Kauman ini menjadi wisata religi bagi para pengunjung. bangunan ini sendiri rupanya merupakan rintisan dari Sri Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1773. Selain beliau Sri Sultan Hamengkubuwono I, ada Kyai Faqih Ibrahim Diponingrat yang turut memprakarsai pembangunan masjid. Kemudian pembangunannya diserahkan oleh Kyai Wiryokusumo yang saat ini menjadi tojoh tersohor dalam bidang arsitektur. Hingga kini maket pembangunan masjid Gedhe Kauman masih tersimpan rapi di Kraton Yogyakarta.
Membludaknya jamaah yang sholat di masjid Gedhe pada tahun 1775 selang dua tahun pembangunan masjid, bangunan ini kemudian dperluas dengan menambah serambi untuk emngantisipasi lebihnya jamaah yang sholat. Selain itu juga memiliki fungsi sebagai tempat pertemuan ulama, pegajian, pernikahan, perceraian dan juga tempat pengadilan masalah keagamaan. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2019/03/jasa-pembuatan-mini-garden-untuk.html



Sudah pernah mengunjungi masjid Gedhe Yogyakarta? bagi Anda yang muslim dan sedang berwisata ke daerah Malioboro dan sekitarnya, mampirlah ke masjid ini saat sholat untuk bisa melihat langsung kemegahan dan arsitektur yang tetap dijaga utuh oleh pengelola masjid. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2019/02/cari-nasi-kebuli-jogja-pesan-antar-nasi.html


4.  ALUN - ALUN KIDUL KRATON YOGYAKARTA




Wilayah Kraton Ngayogyakarta menyediakan berbagai jenis kegiatan yang bisa dilakukan dari pagi hingga malam. Salah satunya, adalah Alun-alun Kidul, sebuah lapangan luas. Alun-alun Kidul berlokasi sekitar 15 menit dari titik nol Malioboro, tepatnya di sudut paling Selatan istana Kraton Yogyakarta. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2019/02/cari-wedding-organizer-di-jogja-cari.html



beringin kembar di alun - alun kidul

Alun-alun kidul ini dikelilingi oleh sebuah tembok persegi yang memiliki lima buah gapura, satu buah di sisi selatan, di sisi timur serta barat masing-masing punya dua buah gapura. Di antara gapura utara dan selatan di sisi bagian barat terdapat sebuah bangunan kandang yang bernama ngGajahan yang digunakan untuk memelihara gajah milik Sultan,tapi saat ini gajah tersebut sudah tidak ada.
Ada sebuah tradisi permainan yang sangat menarik untuk di saksikan di alun alun selatan yang disebut dengan MasanginMasangin merupakan kegiatan dengan mata tertutup dan berjalan untuk memasuki celah di antara dua pohon beringin yang letaknya berada di tengah alun-alun kidul . Tampaknya memang sepele, tapi itu semua tidak akan mudah. Banyak yang mencoba, tapi banyak juga yang gagal,  banyak yang berbelok arah.anda bisa menyewa penutup mata di sekitar lokasi.
Bila malam menjelang di sekitar alun alun kidul yogyakarta selalu ramai pengunjung, apalagi waktu malam minggu, ada banyak kendaraan sepada yang telah di modifikasi untuk di sewakan kepada pengunjung Alun Alun Kidul yogyakarta, bagi yang lapar pengunjung juga bisa membeli makanan di sana, karena tiap malam di barat maupun di timur Alun Alun banyak pedagang yang berjualan. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2019/01/wisata-sepeda-di-candi-plaosan-paket.html




Ini adalah beberapa tempat wisata hits di Jogja yang sudah dikenal oleh masyarakat di sana. Dan masih banyak lagi tempat-tempat wisata yang tidak kalah menarik. Jangan lupa untuk memasukkan beberapa tempat wisata di Jogja. 4 Lokasi Wisata DREAMGEDE TOUR TRAVEL di Yogyakarta yang Lagi Hits dan Instagramable.

Buat kalian yang mau berwisata ke Jogja, pastikan kamu baca daftar 5 Tempat Wisata di Jogja Paling Hits ini!  Kami DREAMGEDE TOUR TRAVEL Dengan paket wisata menarik dengan berbagai tempat wisata populernya seperti Borobudur, Keraton, bahkan Taman Sari. Yuk tunggu apalagi wisata bersama kami. INFO JOGJA WA 08190 4169982





SMS 081 565 043 80
WA 08190 41 699 82
BBM DC0A 1DEB

0 komentar:

Posting Komentar