Total Tayangan Halaman

Selasa, 09 Mei 2017

KOMUNITAS BERSIH – BERSIH MASJID DI YOGYAKARTA, GERAKAN BERSIH MASJID DI JOGJA, MENJAGA KEBERSIHAN MASJID DI YOGYAKARTA, CARA MEMBERSIHKAN MASJID DAERAH JOGJA












Secara fisik, masjid adalah bangunan biasa yang terdiri atas lantai, tiang, dan atap. Namun, secara spiritual, masjid adalah poros nadi umat yang sangat fundamental. Selain menjadi perekat umat di mana mereka bisa menebarkan kebajikan, masjid juga merupakan media bagi sang Muslim agar sukses dalam menjalin hubungan vertikal dengan Allah; melalui masjid, sang Muslim bisa melakukan mi'raj menuju Ilahi.

Dari masjid, kaum Muslimin bisa belajar-mengajar, keimanan seseorang tergambar, tingkat keberagamaan masyarakat terpancar, ketenangan dan kedamaian berbinar-binar, dan kebangkitan umat mengakar. baca juga : http://cermin-jayaperkasa.blogspot.co.id/2017/05/wisata-dalam-kampus-uii-kaliurang.html


Seorang Muslim akan prihatin dan sedih manakala menjumpai seseorang yang dengan seenaknya mengotori masjid dan membiarkan kotoran (sampah) berserakan. Juga tidak etis jika kita membiarkan bau tak sedap bercokol di tempat wudhu, toilet, atau kamar mandi masjid, sehingga aromanya menyebar dan dihirup orang-orang yang shalat, membaca Alquran, iktikaf, atau ibadah lainnya.

Dengan demikian, kebersihan dan keasrian masjid jelas mendukung kekhusyukan kaum Muslimin dalam beribadah. Maka, sangat pantas kalau Allah dan Rasul-Nya memberikan pahala yang besar bagi mereka yang membersihkan masjid— sebagaimana tersimbul dalam riwayat di atas. Nabi juga bersabda, “Barang siapa yang mengeluarkan kotoran dari masjid maka Allah akan membangunkan untuknya sebuah rumah di surga,” 
(HR Ibnu Majah). info Bersih Masjid WA 081904169982





Zaman memang sudah berubah dan modern, sehingga masjid-masjid membutuhkan pengurusnya. Namun, membersihkan masjid tentu saja bukan monopoli mereka. Selama mempunyai niat yang mantap, siapa pun punya peluang yang sama untuk mempersiapkan bangunan di surga, yakni dengan membersihkan masjid. 




Kebersamaan komunitas relawan bersih - bersih masjid selalu bahagia dan 
hidup selalu dalam keberkahan

KISAH INSPIRATIF DI JAMAN RASULLUAH SAW

Pada zaman Rasulullah SAW ada seorang wanita hitam bernama Ummu Mahjan. Dia selalu menyempatkan diri membersihkan masjid Rasulullah SAW. Suatu hari ketika Rasul sedang ke pemakaman, beliau melihat sebuah kuburan baru.

Rasul bertanya, “Kuburan siapa ini, wahai para sahabat?” 

Mereka yang hadir di situ menjawab, “Ini kuburan Ummu Mahjan, ya Rasulullah.” 

Rasul SAW langsung menangis begitu mendengar berita tersebut, lalu beliau menyalahkan para sahabatnya, “Mengapa kalian tidak memberitahukan kematiannya kepadaku supaya aku bisa menyalatinya?”

Mereka menjawab, “Ya Rasulullah, pada waktu itu matahari sedang terik sekali.” Rasulullah diam saja mendengar jawaban tersebut.
 
Lalu, beliau berdiri dan shalat untuk mayit yang sudah ditanam beberapa hari itu dari atas kuburnya. “Bila ada di antara kalian yang meninggal dunia, beri tahukan kepadaku, sebab orang yang kushalati di dunia, shalatku itu akan menjadi syafa‘at di akhirat.”

Sesudah berkata demikian, Rasulullah kemudian memanggil Ummu Mahjan dari atas kuburnya. “Assalamualaikum ya Ummu Mahjan! Pekerjaan apa yang paling bernilai dalam daftar amalmu?” baca juga : http://cermin-jayaperkasa.blogspot.co.id/2016/01/pengharum-ruangan-di-yogyakarta.html



Rasulullah SAW diam sejenak. Tak lama kemudian beliau berkata, “Dia menjawab bahwa pekerjaannya membersihkan masjid Rasulullah adalah pekerjaan yang paling bernilai di sisi Allah. Allah Taala berkenan mendirikan rumah untuknya di surga dan dia kini sedang duduk-duduk di dalamnya.” 


PENTINGNYA KEBERSIHAN MASJID

Ketauladan yang diajar oleh Rasulullah SAW kepada kita semua ialah amalan menjaga serta memelihara kebersihan diri.   
Sebagaimana sabda Rasulullah SAW : ”Kebersihan itu adalah sebagian dari iman.” Kemudian dimana dan bagaimana cara kita menjaga kebersihan itu ?             

Secara singkat kebersihan dapat diartikan sebagai sesuatu keadaan yang terbebas dari segala noda dan kotoran, baik yang tampak oleh mata maupun tidak. Oleh karena itu dalam Islam, menjaga kebersihan harus meliputi dua aspek, kebersihan lahir dan kebersihan bathin. Kebersihan lahir meliputi badan, pakaian, tempat tinggal dan lingkungan hidup. Sedangkan kebersihan bathin meliputi usaha untuk menghindarkan bathin kita dari sifat-sifat tercela yang bisa mengotorinya, antara lain : dengki, serakah, sombong, angkuh dan sebagainya. 
Agama Islam sangat memperhatikan masalah kebersihan. Beberapa buktinya dapat di kemuakakan sebagai berikut : Islam memberikan syarat agar ibadah yang dilakukan seseorang seperti shalat di angap syah, maka harus dilakukan dalam keadaan suci, baik badan, pakaian dan tempat Masalah kebersihan di hubungkan dengan keimanan, suatu masalah yang paling pokok bagi kehidupan seseorang muslim. Kebersihan dalam Islam merupakan bagian tidak terpisahkan dari iman. 


Dalam ajaran Islam banyak dibahas masalah kebersihan dan kesucian, misalnya wudhu, mandi, tayamum dan cara-cara menghilangkan hadast dan najis. Berdasarkan bukti-bukti diatas jelaslah bahwa masalah kebersihan mendapatkan perhatian yang besar dalam ajaran Islam. Hal ini berarti, menjaga kebersihan merupakan salah satu bentuk pengamalan ajaran tersebut. Oleh karena itu, wajar apabila orang-orang yang selalu menjaga kebersihan dan kesucian lahir dan bathin, sangat dicintai Allah. 
Kebersihan merupakan esensi ajaran Islam Kebersihan dan kesucian merupakan hal yang sangat dicintai Allah Kebersihan dan kesucian merupakan salah satu syarat masuk syorga Kebersihan dan kesucian adalah kewajiban yang harus ditunaikan oleh orang-orang yang beriman Dengan demikian, menjadi jelas bahwa Islam sangat mementingkan masalah kebersihan. Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi orang yang mengaku beriman untuk mengabaikan kebersihan dan kesucian. 
Peranan Kebersihan Bagi Kehidupan Pribadi dan Masyarakat : Peranan Kebersihan bagi kehidupan pribadi : Manusia mempunyai kewajiban untuk ikut serta dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan, sebab manusia adalah makhluk sosial. Salah satu kegiatan kemasyarakatan yang harus didukung bersama adalah menjaga lingkungan agar tetap bersih. Akan tetapi hal itu sulit terwujud jika setiap anggota masyarakat tidak terbiasa menjaga kebersihan. Dengan perkataan lain, kebersihan lingkungan baru akan dapat di wujudkan bila setiap pribadi juga membiasakan diri untuk mewujudkannya. Dengan demikian kebersihan pribadi memberikan pengaruh penting bagi perwujudan lingkungan masyarakat yang bersih. Dalam sebuah pepatah dikatakan : Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. baca juga : http://cermin-jayaperkasa.blogspot.co.id/2015/03/jual-asli-madu-hutan-sumbawa-dan-madu.html


Pepatah ini memberi penegasan bahwa guna menciptakan manusia yang memiliki jiwa sehat maka harus di mulai dengan membangun tubuh yang sehat pula. Sedangkan pembentukan tubuh yang sehat sangat bergantung dengan kebersihan setiap orang. Disinilah arti penting kebersihan bagi kehidupan pribadi.
Dalam Islam kebersihan pribadi ini juga menjaga perhatian penting. Bila kita melihat kewajiban melakukan thaharah atau bersuci bagi setiap orang sebelum mengerjakan ibadah, berarti sesuatu itu sangat bermanfat bagi orang yang melakukannya. 

Kebersihan lingkungan tempat tinggal Tempat tinggal adalah tempat dimana kita hidup dan berkumpul bersama ayah, ibu, kakak, adik dan lain-lainnya. Di rumah itulah kita tidur, belajar, makan, mandi, berbagi rasa dengan keluarga. Oleh sebab itu agar kita sehat dan betah dirumah maka kebersihan, kenyamanan, kerapian dan keindahan rumah harus selau terjaga dengan baik. Misalnya, kamar tidur kita harus selalu bersih dan rapi, meja belajar dan buku-buku ditata dengan baik agar tidak berserakan disana sini. Halaman rumah, kamar mandi harus selalu diberishkan agar serangga pembawa penyakit seperti lalat dan nyamuk tidak bersarang ditempat – tempat tersebut. Kebersihan tempat tinggal ini sangat penting dan akan memberikan pengaruh positif terhadap keluarga tersebut. 
Selain untuk menghindari penyakit, kebersihan lingkungan tempat tinggal akan menjadikan penghuninya merasa nyaman, tentram dan damai. Tempat tinggal seperti inilah yang sering dikatakan orang denganungkapan : Rumahku adalah syorgaku. Kebersihan Tempat Ibadah Tempat – tempat ibadah, seperti Masjid dan Musholla adalah tempat untuk melakukan penyembahan kepada Allah SWT dan kegiatan-kegiatan yang bertujuan baik lainnya. Agar tercipta ketenangan dan kekhusu’an dalam beribadah, maka keberihan tempat ibadah juga mutlak diperlukan. 
Jika tempat-tempat ibadah tidak terjaga kebersihannya maka ibadah akan terganggu dan menyebabkan orang enggan untuk datang ketempat tersebut. Menjaga kebersihan Masjid atau Musholla menjadi tanggung jawab seluruh Jama’ah dan masyarakat sekitar. Jadi, meskipun di suatu masjid sudah ada petugas kebersihannya, kita tidak boleh membebankan tanggung jawab menjaga kebersihan masjid itu kepadanya. 


Kebersihan Tempat Umum : Tempat Umum artinya tempat-tempat yang biasa dikunjungi dan dimanfaatkan oleh masyarakat umum. Tempat tersebut bukan milik pribadi misalnya terminal, pasar, stasiun, halte bus, tempat rekreasi dan sebagainya. Tempat umum ini biasanya terdapat diberbagai tempat – tempat strategis. 
Tempat-tempat umum harus dijaga kebersihannya. Jangan sampai kita termasuk orang yang mengotori tempat tersebut. Misalnya, kita tidak membuang sampath sembarangan seperti kertas, puntung rokok, bekas bungkus permen dan sebagainya. Sebab hal itu tidak hanya akan mendatangkan berbagai penyakit yang mengancam kesehatan masyarakat sekitar, tetapi juga menimbulkan bahaya lain seperti banjir, kita mempunyai kewajiban yang sama dengan warga lain untuk mewujudkan tempat umum yang bersih. 

Bila kewajiban tersebut dapat kita lakukan dengan baik, maka berarti kita telah melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain (orang banyak). baca juga : http://cermin-jayaperkasa.blogspot.co.id/2014/05/kuliner-yang-musti-kamu-coba-di.html

Dan Allah SWT pasti akan memberikan balasan (pahala) yang setimpat kepada kita yang telah melakukan sesuatu pekerjaan yang baik itu. Kebersihan tempat-tempat umum sangat penting artinya. 
Hal ini akan memberikan pengaruh terhadap upaya menumbuhkan citra masyarakat yang Tertib dan teratur. Pada umumnya setiap orang sudah tahu (menyadari) manfaat kebersihan dalam kehidupan. 
Namun pada kenyataannya dimana-mana masih saja kita menjumpai tempat-tempat yang kotor bahkan sangat kotor. 
Kita pun sering dengar dan membaca berita tentang mewabahnya penyakit akibat dari lingkungan yang tidak bersih. Jadi tidak ada alasan lagi bagi kita, insan-insan beriman bahwa mencintai kebersihan itu adalah suatu keharusan. 

LOVE MASJID YOGYAKARTA Program BERSIH - BERSIH MASJID

program layanan Kebersihan Masjid GRATIS/ Bebas Biaya – Selain memberikan layanan kebersihan masjid gratis untuk fasilitas ibadah masyarakat program ini juga bertujuan agar dapat menjadi solusi dalam persoalan pengangguran dengan memberikan lapangan pekerjaan kepada pemuda - pemudi Muslim putus sekolah, sehingga efeknya tentu dapat meringankan beban pemerintah dalam mengatasi pengangguran. 




Komunitas LOVE MASJID YOGYAKARTA bagian dari upaya untuk turut Memakmurkan Masjid dengan mengambil peran menjaga kebersihan dan memelihara keindahannya. 
Tidak dapat dikatakan masjid itu makmur kalau masjid tidak terpelihara kebersihan dan keindahannya. Atas pandangan tersebut diataslah gagasan ini tercetus  “PROGRAM BERSIH BERSIH MASJID” selain itu ide program ini terdorong pula oleh fenomena yang sudah lama terjadi yakni dimana masjid mengalami perkembangan yang berlawanan arah. Secara fisik bentuknya begitu megah, namun pemanfaatannya sangat minim serta kurang foKus dalam menjaga kebersihanya, padahal hadist yg mengatakan bahwa ‘Kebersihan itu adalah sebagian dr iman. Info LOVEMASJID WA 081904169982 / SMS 08156504380



Fakta penting lainnya yang terjadi adalah masjid dibangun sedemikian banyak, namun belum mampu menghantarkan masyarakat Indonesia seperti para sahabat Rasulullah dimana dalam sejarahnya masjid merupakan pusat segala pemberdayaan ekonomi umat, Pendidikan, dakwah dan tempat diskusi utk memecahkan segala problematika umat. Masjid pada saat sekarang ini, menjadi investasi umat yang sangat mahal, namun miskin manfaat dan jika Masjid hanya menjadi tempat “parkir” shalat tentunya ini sangat berat untuk dipertanggungjawabkan secara moral maupun sosial. 

Wacana kedepannya program BERSIH - BERSIH MASJID akan terus mengembangkan program pemberdayaan masjid dalam segala aspek bidang utk sebuah upaya turut memakmurkan masjid Sebagai pelaksana dalam program tersebut selain dukungan materiil, kamipun senantiasa memohon agar diberikan juga dukungan moril. baca juga : http://cermin-jayaperkasa.blogspot.co.id/2013/10/cari-guide-wisata-yogyakarta-sleman.html

Komunitas Love Masjid Yogyakarta memberikan fasilitas Gratis untuk Makan siang sesudah Jumatan dan Pengharum Ruangan untuk Masjid - masjid yang selesai kami Bersihkan.



paket makan siang bada Shalat Jumat

Paket pengharum Ruangan Otomatis

  
paket nasi kotak GRATIS untuk jamaah Masjid Shalat Jumaat di Yogyakarta


SMS 081 565 04380
WA 08190 416 9982
BBM 5513A5A6





0 komentar:

Posting Komentar