Total Tayangan Halaman

Minggu, 03 November 2019

WISATA KULINER SOLO DARI SEMARANG, WISATA KULINER SOLO DARI JOGJA, WISATA KULINER SOLO DARI JAKARTA, PAKET TOUR KULINER SOLO DARI SEMARANG, PAKET TOUR KULINER SOLO DARI JOGJAKARTA, PAKET TOUR KULINER SOLO DARI JAKARTA, PEMANDU WISATA KULINER SOLO DARI SEMARANG, PEMANDU WISATA KULINER SOLO DARI JAKARTA, PEMANDU WISATA KULINER SOLO DARI YOGYAKARTA








bestik Jawa Solo


SOTO Gading Solo


Selamat pagi sobat sedulur DREAMGEDE TOUR TRAVEL. Salam selalu bahagia semua. Now dan Nah, DREAMGEDE TOUR TRAVEL wisata aneka kuliner kota Solo legendaris diatas sangat menggoda banget kan? Yang mana nih yang sudah pernah kamu cicipi? 
Solo terkenal memiliki banyak destinasi wisata sejarah dan budaya. Selain destinasi wisata yang beragam, kota Solo juga memiliki daya tarik tersendiri di bidang kuliner. Kebanyakan kuliner yang ada di kota Solo adalah merupakan kuliner yang sudah bertahan selama puluhan tahun. Namun walaupun sudah diwariskan dari generasi ke generasi, para penerus tetap mempertahankan resep asli. Jadi soal rasa dijamin tetap asli dan otentik, tidak ada yang berubah. HARGA PAKET WISATA SOLO WA 08190 41 69982 / 0815 650 4380
nasi Liwet favorit makan malam hari di Solo






Berikut ini DREAMGEDE TOUR TRAVEL ke 19 Tempat wisata kuliner Kota Solo yang menjadi favorit destinasi adalah  : 


1.  TENGKLENG KLEWER BU EDY

Tengkleng merupakan hidangan khas Solo yang mirip dengan gulai dan berisi daging kambing. Di zaman dahulu, tengkleng ini identik dengan makanan orang miskin karena masakan ini hanya berupa tulang dengan sedikit daging. Namun saat ini, Tengkleng sudah menjadi makanan kegemaran banyak orang dari berbagai lapisan.
baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2019/10/paket-wisata-ke-magelang-full-day-dari.html
Kalau kamu penasaran pengen mencicipi kuliner legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1971 ini, kamu bisa datang ke pasar Klewer. Tengkleng Bu Edi buka setiap hari mulai jam 1 siang dan biasanya sudah habis hanya dalam waktu 2 hingga 3 jam saja.



2. TONGSENG MAN GULLIT

Saat ini yang populer orang banyak membicarakan Tongseng Man Gullit di Sondakan, Laweyan, Solo. Saking larisnya buka pagi, seringkali siang tengah hari sudah habis dagangannya. Setelah diberitakan oleh seorang teman bahwa Tongseng Man Gullit saat ini tengah populer dan terkenal empuk daging kambingnya, rasanya perlu bertandang ke sana. Pagi itu saya ke sana. Benar juga warung sate pinggir jalan itu sudah begitu ramai pembeli. Samping warung telah penuh dengan motor-motor berjajar parkir. Mobil pembeli di parkir di sisi pinggir seberang jalan.


Saya pesan sate dan tengkleng sekaligus. Memang cukup lama menunggu. Bahkan seorang wanita di depan meja saya terlihat sedikit gelisah pesanannya cukup lama belum diantar. Akhirnya pesanan tongseng saya diantar dulu ke meja. Saatnya merasakan dan benar empuk daging tengklengnya yang mudah lepas dari tulangnya saat dimakan. Satenya diantar dan memang juga empuk.





3.  NASI LIWET BU WONGSO LEMU

Warung nasi liwet wongso lemu di jalan Teuku Umar, Keprabon, Solo ini memang sudah berdiri sejak tahun 1950. Dan sekarang warung nasi liwet ini dikelola oleh cucu dari Bu Wongso Lemu, yakni mbak Ati Tri Wulandari.
Rasa gurih dari nasi yang dimasak dengan santan ditambahkan dengan dengan sayur labu, ayam dan telur, memiliki cita rasa yang khas. Kelezatannya memang tidak perlu diragukan lagi karena warung nasi liwet ini mampu bertahan hingga lebih dari setengah abad. Nasi Liwet Wongso Lemu ini buka mulai jam 4 sore hingga jam 10 malam.
baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2019/09/paket-wisata-bali-desa-wisata.html


4. SELAT SOLO MBAK LIES

Warung selat ini sudah berdiri sejak tahun 1985 oleh Wulandari Kusmadyaningrum (dikenal dengan nama panggilan mbak Lies) dan warung ini merupakan salah satu tempat makan yang sangat terkenal. Tampilan makanan ini mirip dengan salad karena banyak diisi dengan sayuran, dan memang nama 'Selat' merupakan plesetan dari kata 'Salad'.
Sesuai dengan namanya, Selat Solo ini terdiri dari daging sapi yang diberi kuah manis dan gurih, disajikan dengan kentang goreng dan sayuran rebus. Warung Selat Solo Mbak Lies ini terletak di Jalan Veteran, gang II no. 42, Serengan, Solo. Buka mulai jam 8 pagi hingga 5 sore.

5. TIMLO SASTRO

Timlo sastro yang juga dikenal dengan nama Timlo Sastro Balong ini berlokasi di salah satu sudut Pasar Gedhe Kota Solo. Seporsi timlo sastro komplit ini isinya terdiri dari potongan hati ampela, telur pindang dan sosis solo dengan kuah yang bening. 
baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2019/09/paket-ziarah-walisongo-ke-jawa-timur.html

Warung makan Timlo Sastro ini sudah buka sejak tahun 1952 lho, karena itu warung ini juga sudah terkenal banget di kota Solo. Kalau kamu ingin menikmati lezatnya Timlo Sastro. Yuk kunjungi Timlo Sastro mulai jam 7 pagi sampe jam 3 sore


6.  SATE BUNTEL


Warung Bu Bejo beralamat di Lodji Wetan, sementara dawet telasih berlokasi di Pasar Gede Hardonagoro, Solo. Warung sate Bu Bejo sudah berdiri sejak 42 tahun lalu. Usaha kini dikelola oleh Siti Ngaisyah atau Bu Bejo.
Siti Ngaisyah menyebutkan warung miliknya ini sejak awal mengolah daging kambing. Beragam menu makanan khas Solo tersaji di sini. Mulai dari gulai, thengkleng, tongseng, sate dan sate buntel tersedia di sini. Sate buntel adalah sejenis sate yang dibuat dari daging kambing cincang yang dibungkus dengan lemak daging. 
Daging kambing itu kemudian dibakar dengan dibubuhkannya kecap manis.

7.  TAHU KUPAT

Makanan khas Solo lainnya yang nggak boleh kamu lewatkan adalah tahu kupat. Kuliner khas Solo yang enak ini terdiri dari ketupat dan tahu putih goreng yang diiris-iris. Selain itu, makanan ini juga dilengkapi dengan kol, tauge, mie, dan kuah kecap yang manis.
baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2019/08/jual-pisang-mentah-di-yogyakarta-jual.html


Kamu bisa mencicipi kuliner tahu kupat diantaranya di Tahu Kupat Telor Sido Mampir Mbak Ida di Punggawan, Banjarsari, Solo, atau di Tahu Kupat Gombloh di Jalan Perintis Kemerdekaan, Laweyan.





8.  SOTO GADING

Soto ayam yang paling terkenal di kota Solo adalah soto gading, berdiri sejak tahun 1974. Warung soto ini terletak di Jalan Brigjen Sudiarto No 75. Walaupun warung ini tidak mewah namun tercatat banyak pejabat negara pernah makan di warung ini.



Soto gading mempunyai kuah agak kental gurih dengan warna bening. Sebagai teman makan soto, kamu bisa memilih aneka lauk seperti tempe, tahu, empal, perkedel, sate aneka jeroan, dan lainnya. Warung soto ini buka mulai jam 05.30 WIB hingga jam 15.30 WIB. Untuk harga, seporsi soto di warung ini diharga sangat terjangkau. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2019/07/cari-suplemen-ibadah-haji-biar-kuat.html


9.  SATE KERE YU REBI

Namanya makanan yang satu ini kedengarannya unik dan aneh ya? Sate kere terbuat dari tempe gambus dan jerohan sapi. Seperti sate pada umumnya, seporsi sate kere juga disajikan dengan sambal kacang dan potongan lontong. Warung Sate kere Yu Rebi ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 1986, jadi soal rasa tidak perlu diragukan lagi.
Kalau kamu penasaran ingin mencoba kuliner lege ini, kamu bisa datang ke warung Sate Kere Yu Rebi yang terletak di belakang Stadion Sriwedari Solo. Warung ini buka mulai jam 10.00 WIB hingga 21.00 WIB..





10.   ES GEMPOL PLERET PAK SUHAR


Kuliner yang satu ini, yaitu gempol terbuat dari tepung beras yang dipapatkan dan dibentuk bulat pipih, sedangkan pleret terbuat dari adonan tepung beras dan gula Jawa. Dicampur dengan santan cair dan es batu, dan saus yang terbuat dari campuran gula Jawa dan gula pasir. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2019/06/paket-wisata-ke-purbalingga-dari.html


Jika ingin mencicipi kuliner ini kamu masih bisa mampir di Warung Es Gempol Pleret Pak Suhar Jalan Dr. Wahidin, tepatnya di samping Masjid Tegalsari Solo. Bukanya mulai jam 10 pagi hingga jam 4 sore.





11.  SAMBAL TUMPAH PECEL BU KIS

Nasi pecel enak di Solo yang layak kamu coba adalah Warung Nasi Pecel Bu Kis yang berdiri sejak tahun 1951. Warung ini terletak di belakang kantor Pengadilan Negeri Solo di Jl Gleges, Priyobadan, Solo.


Selain Nasi pecel warung ini juga memiliki menu andalan Sambal Tumpang, ini adalah sejenis makanan yang dibuat dari tempe busuk. Sambal Tumpang memiliki cita rasa gurih, manis, dan sedikit pedas. Kalau kamu penasaran ingin mencoba makan di warung ini, kamu bisa segera datang kesini. Warung pecel ini buka mulai jam 7 pagi hingga jam 2 siang.




12.  PECEL NDESO SOLO

Kuliner yang satu ini disebut warung pecel Solo, atau dikenal juga dengan nama Warung Ndeso Resto. Menu yang disajikan adalah kuliner tradisional, dan dikonsep dengan pemandangan nuansa etnik khas Solo.


Sajian spesial di restoran ini adalah pecel ndeso (desa), yaitu, nasi merah dicampur dengan daun bayam, daun kenikir, daun pepaya, kembang turi, dan jantung pisang dicampur sambel pecel yang terasa manis-pedas. Diwarung ini juga menyediakan beberapa jenis minuman tradisional seperti Temu Lawak, Beras Kencur, Jahe Pandan, dan Kunir Asem Sirih, yang dapat disajikan dingin maupun hangat. Berlokasi di Jalan Dr. Soepomo No. 55 Mangkubumen Solo, Warung ini buka dua kali setiap harinya: pukul 08.00 – 16.00 WIB, dan 18.00 – 22.00 WIB.
baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2019/05/23-tempat-wisata-jogja-terbaru-cari-23.html



13.  HARJO BESTIK

Menu andalan dari Harjo Bestik ini adalah bestik lidah, tidak hanya itu tetapi juga terdapat menu aneka olahan daging sapi dengan selera lokal, contohnya bestik uritan ayam dan brutu. Uritan ayam adalah telur yang masih berada di dalam perut ayam, sedangkan brutu adalah bagian belakang ayam. 

Menu bestik lainnya adalah Bestik Telon yang terdiri atas tiga jenis daging sesuai permintaan pelanggan. Seperti bestik campur dengan tambahan daging sapi cacah, bestik dadar lidah yang menyajikan bestik lidah sapi yang terbungkus telur dadar yang direndam kuah bestik dan yang terakhir, ada Bestik LDG (Lidah Goyang) yang terdiri dari lidah sapi, bestik dadar lidah, dan bestik campur. Pilih menu favorit kalian dan rasakan kenikmatan bestik ala eropa dengan kesan jawa.

Bestik Solo menyumbangkan keanekaragaman kuliner Indonesia pada umumnya dan Jawa Tengah apalagi Solo pada khususnya. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2019/04/jasa-pembuatan-video-marketing-di.html


14.  BRAMBANG ASEM

Ingin merasakan makanan khas Solo tempoe doeloe, silakan mencicipi Brambang Asem. Seperti namanya, Brambang Asem merupakan makanan yang terbuat dari daun ubi jalar yang direbus, beraroma bawang merah dengan rasa pedas, yang bisa disantap dengan tempe gembus, tempe yang terbuat dari ampas tahu. Brambang Asem bukan merupakan hidangan utama, melainkan camilan untuk menikmati hari.

Tidak ada salahnya mencoba hidangan yang cukup istimewa ini dari Yu Sum (Pasar Gede) kala berkunjung ke Solo.







15.  NASI LANGGI




Nasi Langgi merupakan Nasi putih yang diberi bumbu berupa santan, serai, lengkuas dan asam jawa. Resep Nasi Langgi ini berasal dari Kota Solo. Nasi Langgi biasa disantap juga bersama lauk pendampingnya dan umumnya seperti, sambal goreng kentang, daging sapi, serundeng, abon sapi, telur dadar, kering tempe dan kerupuk udang. Resep Nasi Langgi ini memang mirip dengan nasi rames namun yang membedakannya mungkin pada nasinya yang diberi bumbu sehingga berbau wangi dan terasa gurih.
baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2019/03/cari-tempat-bulan-madu-di-yogyakarta.html


16. GUDEG CEKER MARGOYUDAN


Bukan hanya Jogjakarta saja yang punya gudeg, di Solo pun kamu juga bisa mencicipi gudeg khas Solo. Nah, salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi untuk  mencicipi gudeg dengan cita rasa Solo ada di gudeg ceker Margoyudan. Gudeg yang satu ini memang terkenal dengan cekernya yang menggugah selera.

Namun, hal lain yang membuat warung gudeg ini unik adalah gudeg ceker Margoyudan ini hanya buka pada saat dini hari saja, tepatnya buka pada pukul 01.00 dini hari. Bahkan penyanyi ternama Syahrini juga sudah mencicipi kuliner ternama ini lho.

Untuk seporsi gudeg ceker, dan sudah termasuk tiga ceker ayam. Bila kamu tidak tahu letaknya, gudeg ceker Margoyudan terletak di Jalan Monginsidi, Mergoyudan, Surakarta, tepat di depan Gereja Kristen Jawa, dan SMA Negeri 1 Surakarta.


17. AYAM GORENG MBAH KARTO TEMBEL

Rumah makan yang tersohor dengan ayam kampung dan aneka sambalnya ini berdiri sejak 1960-an. Menu dan racikan yang dihidangkan masih sama generasi awalnya, dan amat dijaga. Sekilas penampakan rumah makan ini cukup sederhana, dengan sentuhan adat Jawa. Ruang makan utamanya berbentuk pendopo kayu tanpa desain berlebihan. Menu yang dipilih Jokowi saat itu ialah ayam goreng dengan sambel blondho (sambal hitam), ayam goreng disini semua berasal dari ayam kampung. Sedapnya ayam kampung di sini dipengaruhi dari sejak pemilihan ayam hingga teknik bumbu.


Ayam kampung muda tersebut dibumbui bacem, bawang putih, dan rempah, lalu diungkep di atas api kayu bakar. Inilah cara membumbui yang konon menjadi kunci kelezatan ayam sebelum digoreng. Sepiring hidangan ayam goreng kampung disajikan dengan nasi putih, urap sayur, lalapan, dan sambal. Sedangkan sambal yang bisa dipilih ada sambal blondho, sambal bawang dan lainnya. 

Bagi yang penasaran ingin mencoba salah satu kudapan kesukaan Jokowi ini, bisa arahkan kendaraan Anda ke Ayam Kampung Goreng Mbah Karto Tembel, Jalan Jaksa Agung R Suprapto nomer 8, Sukoharjo, sekitar satu kilo dari Kota Solo.
baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2019/03/sewa-kipas-angin-jogja-sewa-kipas-angin.html


18.  SERABI NOTOSUMAN

Ini kuliner yang sudah melegenda banget. Serabi ini sudah ada sejak tahun 1923 di Jl Mohammad Yamin No 28, Solo. Namun saat ini Serabi Notosuman sudah memiliki banyak cabang yang tersebar dimana-mana.

Terbuat dari campuran tepung beras dan santan yang diaduk menjadi adonan serabi kemudian, adonan tersebut dimasak di atas cetakan bulat kecil menggunakan tungku. Serabi Notosuman punya dua varian rasa, polos dan coklat. Dua-duanya rasanya dijamin enak. Kalau kamu ingin membeli Serabi Notosuman, kamu bisa datang mulai jam 7 pagi.
19.  ES DAWET TELASIH BU DERMI
Di Pasar Gede, Solo ada satu kedai es dawet yang selalu ramai dikunjungi pembeli. Itulah kedai Es Dawet Telasih Bu Dermi, bahkan Jokowi saja juga rela antri untuk menikmati Es Dawet di kedai ini. Berdiri sejak tahun 1930, hingga saat ini kepopuleran kedai es dawet ini tetap melegenda. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2019/02/wisata-ke-kids-fun-park-yogyakarta-cari.html
Semangkuk es dawet di kedai ini isinya bubur ketan hitam, bubur sumsum, tape ketan, cendol, dan biji telasih. Untuk dapat menikmati es yang legendaris ini, kamu hanya perlu membayar 8 ribu rupiah saja seporsinya.

Kota Solo dikenal sebagai kota budaya dengan banyak sejarah. Memiliki slogan The Spirit Of Java, Solo menyimpan banyak keunikan. Jika kamu menghabiskan waktu berwisata ke Solo, kamu bisa menjelajahi tempat bersejarah seperti Keraton Surakarta hingga Pasar Klewer.

DREAMGEDE TOUR TRAVEL Berwisata ke Solo, tak lengkap rasanya jika belum mencicipi kuliner khas dari daerah tersebut. Berjalan-jalan ke Kota Solo tak ada salahnya mencicipi kulinernya seperti nasi liwet, tengkleng Solo dan juga Selat Solo. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2019/01/paket-wisata-ke-goa-pindul-dan-river.html


FASILITAS WISATA KULINER SOLO

1. TRANSPORTASI PP
2. 2 X MAKAN 1X SNACK
3. HOTEL
4. TIKET MASUK WISATA
5. WISATA OLEH - OLEH KHAS SOLO



SMS 08156504380
WA 0819041 69982
IG  @dreamgede_yk


0 komentar:

Posting Komentar