Total Tayangan Halaman

Senin, 28 Januari 2019

WISATA SEPEDA DI CANDI PLAOSAN, PAKET WISATA DESA DI CANDI PLAOSAN, CARI WISATA SEPEDA DI JOGJAKARTA, KUNJUNGAN DESA WISATA DENGAN SEPEDA DI JOGJAKARTA, MENIKMATI ALAM DENGAN BERSEPEDA DI CANDI PLAOSAN, PAKET BERSEPEDA DI DESA WISATA BUGISAN PRAMBANAN KLATEN







Bersepeda wisata bergembira ria



pesta pelepasan balon

Hallo sahabat wisata DREAMGEDE Tour Travel, wisata kekinian kini kita bersepeda ria di Desa Bugisan Prambanan Klaten yang dekat dengan Candi Plaosan yang terletak di utara candi Prambanan.  Hidup bagaikan menaiki sepeda. Agar tetap seimbang anda harus tetap bergerak. Salah satu manfaat bersepeda di Candi Plaosan ini, dengan sepeda yang terus berjalan melalui kayuhan kaki agar tetap melaju secara seimbang.

Keseimbangan itulah yang coba kami lakukan terhadap lingkungan sekitar, ketika kami DREAMGEDE Tour Travel mengadakan wisata Sepeda dari Candi Plaosan keliling desa melihat aktifitas penduduk seperti bertani, belajar kesenian topeng dan gamelan, membuat tahundan tempe rumahan, foto bersama di rumah joglo Jawa. Dengan mengayuh sepeda kami merasakan sekali dekat dengan lingkungan sekitar. Kayuhan kaki-kaki api tak mungkin bisa melebihi kecepatan transportasi bermesin seperti sepeda motor, mobil bahkan pesawat terbang. PAKET TOUR BERSEPEDA KELILING DESA 08190 41699 82/ 081565 04380


peserta berkumpul dengan latar belakang Candi Plaosan


Membuat tempe daun pisang tradisonal 



makan siang masakan tradisional desa

Perjalanan kami dimulai dari Candi Plaosan Lor, sebuah candi megah yang yang dibangun oleh RakaiPikatan untuk permaisurinya Pramudyawardhani. Raja Rakai Pikatan dari Wangsa Syailendra dan Permaisuri Pramudyawardani dari Wangsa Sanjaya, mereka bersama-sama membangun candi ini. Pada masa merekalah terjadi harmoni antara pemeluk Hindu dan Budha dengan dibangunnya Candi Plaosan oleh mereka berdua, simbol bersatunya kedua wangsa. Itulah mengapa Candi Plaosan sering disebut juga sebagai Candi Cinta. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2019/01/paket-wisata-kantor-ke-sri-gethuk-dan.html

Candi plaosan terletak di arah timur laut dari candi prambanan dan jaraknya tidak terlalu jauh dari candi prambanan.  Rute yang kita pilih untuk menuju desa bugisan mulai dari cafe candi kembar candi plaosan didasarkan pada jenis jalan; keramaian; dan kondisi jalan, walau sebenarnya banyak rute-rute yang lebih pendek untuk menuju ke candi plaosan. Namun, rute-rute pendek tersebut kebanyakan merupakan jenis cross-country serta melalui pedesaan/ kampung-kampung dan kembali lagi ke Cafe Candi Kembar di candi plaosan


Untuk mencoba wisata ini anda akan dikenakan biaya yang murah dan fasilitas fasilitas yang diberikan seperti donasi, sewa sepeda, makan siang, snack dan tentunya pemandu dan tutup kepala seperti caping yang bisa juga anda bawa sebagai souvenir. Anda bisa memesan kegiatan ini ke : WISATA SEPEDA CANDI PLAOSAN WA 0819 0416 9982

1.  PERSIAPAN DI PASEBAN CAFE CANDI KEMBAR


Persiapan peserta datang


Para Peserta Sepeda datang langsung bisa mengisi kegiatan sepeda desa wisata Bugisan dengan cara berswafoto berlatar belakang candi. Tidak hanya itu, gapura tradisional juga turut menghiasi spot foto. Ditambah lagi dengan adanya dua sepeda lawas yang menggantung keatas di pinggir jalan.

Kalau untuk masuk kesini memang tidak dipungut biaya, pengunjung hanya dikenai parkir. Ini wisata yang sedang dikembangkan pemerintah desa ( Paseban Cafe Candi Kembar ).
baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2018/12/permainan-outbound-sederhana-untuk-anak.html






Objek wisata yang dikelola komunitas pemuda Desa Bugisan, Mandapa itu menawarkan sejumlah spot berswafoto. Sebagai pemikat, kawasan ini dihias deretan lampion. Dipasang di sepanjang jalan desa serta dengan latar belakang pemandangan eksotis candi. 

Paseban Candi Kembar memanfaatkan tanah kas desa seluas 3.000 meter persegi. Kawasan ini juga dilengkapi sejumlah gazebo untuk beristirahat wisatawan. Tak ketinggalan deretan warung makan yang memanjakan lidah.








Perlahan kami mengayuh meninggalkan Candi Plaosan, tidak lama setelah itu kami masuk gang kecil yang tidak jauh dari komplek candi tersebut. 

Dengan penuh akrab saling menyalami, kami pun berpamitan untuk meneruskan kembali perjalanan. Masih dengan suasana desa yang asri, kami melewati area persawahan yang membawa kami menuju di area pembuatan batu-bata, rimbunan bambu, dan ladang yang luas. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2018/10/paket-wisata-jogja-paket-weekend-ke.html

2. RUMAH JOGLO JAWA






PACUL GOWANG OLDEST Studio

Merupakan rumah tradisional yang di set up menjadi spot foto dan studio, dimana rumah ini masih berfungsi sebagaimana rumah tinggal pada umumnya. 

Konsep oldest studio yang di angkat menggambarkan kehidupan masyarakat umum di jaman dahulu, sedikit berbeda dengan studio-studio lain yang biasanya menggunakan kain polos ataupun bergambar sebagai latar belakang / background.

Pacul Gowang Oldest Studio ini memanfaatkan semua sisi ruangannya yang berkonsep kehidupan jaman dulu (jadul) dan lebih alami ini sebagai background untuk berfoto. Sehingga memberikan pengalaman yang nyata seolah-olah hidup di jaman dulu.




Di tempat ini kami juga di jamu dengan hidangan tradisional khas masyarakat desa Taji Prambanan, emping melinjo, tape ketan dan minuman hangat teh jahe. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2018/08/event-launching-mandiri-taspen.html

Jarang ada tempat seperti ini, kita dibawa ke masa pedesaan masa lalu yang natural sekali. Kemudian peserta diajak keliling mengenal rumah joglo adat jawa dahulu. Untuk lebih exixt di sosmed di sediakan foto studio disini dilengkapi pakaian adat jawa pria maupun wanita. Untuk harga paket bisa menghubungi. DREAMGEDE Tour Travel WA 081904169982




Persiapan untuk foto studio

3.  SERUNYA BERSEPEDA KELILING DESA




bersepeda melatih kebersamaan siswa

Wisata sepeda candi Plaosan mengajak wisatawan untuk bersepeda mengelilingi persawahan dan pedesaan disekitar candi Plaosan, dengan rute Candi Plaosan keliling desa wisata Bugisan kembali ke Candi Plaosan. Perjalanan Bersepeda yang menyenangkan sekitar 2 Jam dijamin puas.

Wisata sepeda Candi Plaosan mengajak wisatawan untuk mengelilingi pedesaan disekitar candi, hamparan persawahan yang hijau, kegiatan masyarakat desa menjadi pemandangan yang nikmat untuk di pandang, tidak hanya pemandangan dan kegiatan masyarakat desa.

Wisatawan juga akan diajak mengunjungi home industri masyarakat setempat seperti pembuatan bakpia, tempe daun pisang, tahu, emping, serta pembuatan batu bata, biasanya rangakaian kegiatan ditutup dengan mengunjungi pembuatan angklung, disana wisatawan diajarkan bagaimana menyelaraskan nada, bermain angklung dan Gamelan bersama.
baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2018/06/cari-catering-murah-semarang-daftar.html

4.  MEMBUAT TAHUN OLAHAN DI RUMAH



proses pemotongan tahu

Beriringan dengan canda tawa kami berhenti di sebuah rumah sederhana untuk melihat proses pembuatan Industri kecil pembuatan tahu adalah salah satu usaha kelola pangan yang memiliki prospek pasar bagus di desa wisata Bugisan Prambanan ini. Apalagi trend ke depan, orang lebih senang dengan masakan berbahan non hewani. 

Tahu merupakan salah satu makanan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Ingin tahu proses pembuatannya. Begini caranya.

Pilih kedelai berkualitas bagus, kemudian dicuci. Kacang kedelai dicuci terlebih dahulu sebelum digiling kemudian Kedelai yang sudah bersih digilingBubur kedelai disaring menggunakan kain lalu Proses penyaringan dengan cara menggoyang-goyangkan kain. Tahu siap untuk dipotong-potong sesuai ukuran. Para perajin memproduksi tahu di salah satu rumah industri tahu di Desa wisata Bugisan Prambanan Klaten.
baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2018/04/paket-wisata-candi-sambisari-dan-candi.html


5. MEMBUAT TEMPE DAUN PISANG TRADISIONAL





Tempe berbungkus daun pisang, tali dari alang alang dan pelepah pisang diletakkan di balai balai bambu beralaskan tikar. Demikian pemandangan PESERTA Sepeda wisata sangat antusias menyaksikan pertama kali saat masuk ke rumah salah seorang warga di DESA Wisata Bugisan Prambanan ini.

Ibu ini terlihat asik membungkus biji kedelai menggunakan daun pisang yang selanjutnya ditali dan disusun rapi di balai balai bambu. Cara pembuatan langsung yang kami praktekkan biji-biji kedelai dibungkus atau ditempatkan dalam wadah untuk fermentasi. Secara khusus Ibu ini mempergunakan daun pisang yang merupakan hasil dari kebun. 


Kita pergunakan bahan alami dari sekitar pekarangan rumah, daun pisang, alang alang serta bagian kulit pisang kering untuk tali setelah bahan tempe dibungkus.
baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2018/02/paket-wisata-jogja-ke-kulon-progo.html

Setelah dibungkus biji-biji kedelai dibiarkan untuk mengalami proses fermentasi. Pada proses ini kapang tumbuh pada permukaan dan menembus biji-biji kedelai, menyatukannya menjadi tempe. 

Butuh waktu sekitar sehari semalam untuk jadi dan biasanya sudah berdatangan para pedagang yang akan menjadikannya bahan untuk gorengan. 

6.  BELAJAR GAMELAN JAWA




Musik yang tercipta dari gamelan jawa ini berasal dari paduan bunyi gong, kenong, dan alat musik jawa lain. Gamelan dimainkan secara berkelompok. Musik ini memiliki irama yang lembut, mencerminkan keselarasan hidup seperti prinsip hidup yang selama ini dianut oleh masyarakat Jawa. Dewasa ini, musik gamelan jawa sangat banyak diminati oleh banyak kalangan, mulai dari tingkat Sekolah Dasar sampai menjadi jurusan di beberapa Perguruan Tinggi. 

Yang menyebabkan musik gamelan ini banyak diminati adalah beberapa manfaatnya sebagai BUDAYA asli Indonesia sehingga peserta sangat antusias bermain Gamelan.

7. BERKESENIAN ANGKLUNG



Perjalanan berikutnya,  kami berkunjung di pengrajin serta seniman angklung Pak Warno. Di usianya yang sudah sepuh beliau tetap semangat dalam berkarya dan ketika kami datang beliau di bantu salah satu putrinya menyambut dengan permainan angklung sembari mendendangkan beberapa tembang jawa dengankeceriaan dan keramahan.

Proses pembuatan angklung di tempat beliau ini menggunakan bambu jeni ori dengan berbagai ukuran. Angklung buatan Pak Warno memiliki perbedaan dengan angklung khas sunda. Hasil kreasi beliau terlihat lebih unik dan serta nada suaranya pun sangat berbeda.

8.  SESI MAKAN SIANG





Selesai acara kami menikmati makan siang dengan menu sayur lodeh, bumbu tahu pecel dan sayur urap ditambah lauk tahu tempe dan karak khas Prambanan.

Menu Tradisional yang kami sajikan saat jam makan siang. Renyahnya ayam goreng bumbu kuning, pedasnya sambal ulek, tahu dan tempe yang masih panas, serta lalapan emang bikin orang gak pernah bosen menyantapnya. Apalagi setelah menghabiskan waktu besepeda keliling desa wisata Bugisan Prambanan , tentu kita perlu tambahan energi.
baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2017/09/paket-wisata-ke-gunungkidul-jogja-paket.html

sesi makan siang khas Jawa tambah mengakrabkan peserta sepeda wisata


Kami DREAMGEDE Tour Travel menyediakan fasilitas yang berkualitas sehingga wisata Sepeda kali ini berjalan sukses mulai dari persiapan Sepeda kunjungan wisata bermain gamelan jawa hingga makan siang dengan menu Tradisional jawa yang bertujuan wisata ini mengena dan membahagiakan kepuasan berwisata Sepeda di Desa wisata Bugisan Prambanan dan Candi Plaosan.

9.  PELEPASAN BALON KEBERSAMAAN


Balon disimbolkan sebagai perdamaian dalam kebersamaan

Banyak cara untuk mengekspresikan perasaan. Ada yang menggunakan bunga, tulisan, makanan, hingga balon. Biasanya pemberian benda-benda tersebut dilakukan dalam momen khusus. Di antaranya momen keakraban peserta sepeda wisata desa sebagai kebahagia untuk merayakan kebersamaan dari tujuan wisata kali ini. 

Lewat balon juga peserta menjadi lebih bahagia dalam melakukan aktifitas berwisata sepeda. Seperti yang terlihat pada hari ini. Balon-balon berwarna warni menghiasi sekitar taman dan kolam ikan Cafe Candi Kembar. INFO PAKET WISATA WA 08190 41 69982


untuk bersepeda ke candi plaosan




Dalam Paket Wisata Sepeda Candi Plaosan ini Anda akan kami DREAMGEDE Tour Travel ajak untuk berkeliling di pedesaan seputar candi plaosan dan desa wisata Bugisan Prambanan dengan menggunakan sepeda. 

Paket wisata sepeda ini merupakan satu paket wisata DREAMGEDE Tour Travel Yogyakarta yang sangat menarik, terutama bagi Anda yang hobby dengan aktivitas bersepeda.  Anda akan dipandu local guide berkeliling desa, melintasi sawah-sawah dan perkampungan, melihat aktivitas penduduk desa dan menikmati pemandangan alam.
baca juga :  http://dreamgedejogja.blogspot.com/2017/07/rental-misty-fan-murah-semarang-rental.html

Dalam wisata sepeda ini juga kami ajak berkunjung ke beberapa home industry, melihat geliat ekonomi warga desa dan sekaligus bisa berbelanja produk olahannya. Selanjutnya kunjungan ke Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul dan foto-foto sambil lepas balon menjadi penutup kegiatan bersepeda di desa wisata Bugisan Prambanan.


WA 08190 41 69982
SMS 081565 04380
BBM DC0A1DEB

0 komentar:

Posting Komentar