Total Tayangan Halaman

Selasa, 11 September 2018

TOUR JAKARTA III : WISATA KE KEBUN RAYA BOGOR, CARI PAKET WISATA KE KEBUN RAYA BOGOR DARI SEMARANG, CARI PAKET WISATA KE KEBUN RAYA BOGOR DARI JOGJA, PAKET WISATA KELUARGA DI KEBUN RAYA BOGOR DARI SEMARANG, PAKET WISATA MURAH UNTUK KELUARGA / KANTOR DARI YOGYAKARTA









HALLO sobat sahabat DREAMGEDE Tour Travel di seluruh penjuru Nusantara, Jalan - jalan kali ini kita ke Bogor daerah nan cantik dan unik dengan segala keindahan alam dan ragam Kuliner terkenal kemana - mana. Bogor terkenal dengan Julukan Kota Hujan dan Kota Ningrat bagi pejabat Kolonial Hindia Belanda pada masanya sehingga daerah ini banyak ditemui bangunan kuno nan kokoh sejak abad ke 18.

Jalan - jalan dipaket wisata DREAMGEDE Tour Travel yaitu ke Kebun Raya Bogor dan museum Zoologi tak lengkap rasanya bila tak berkunjung ke tempat yang populer ini.

Taman Topi atau lebih dikenal Taman Kapten Muslihat.



Peta penunjuk arah selama di Kebun RAYA Bogor

SEJARAH KEBUN RAYA BOGOR

Kebun Raya Bogor didirikan oleh seorang ahli botani asal Jerman, yaitu Prof. Dr. C. G. C Reinwadt pada tahun 1817. Di sini terdapat kira-kira 20.000 jenis tanaman, yang terdiri dari berbagai macam tanaman dari dalam maupun luar negeri, termasuk anggrek dan kaktus. Kebun ini juga dilengkapi dengan perpustakaan, laboratorium, dan Museum Zoologi.

Kebun Raya ini pada mulanya merupakan sebuah halaman istana meski sekarang kedua tempat tersebut telah dipisahkan. Walau begitu, wisatawan tetap dapat melihat istana yang elegan dengan kubah besar berwarna emas. Kebun raya ini juga menawarkan kepada Anda untuk merasakan keteduhan dari deretan pohon kenari yang berada di sepanjang jalannya dan melihat kelelawar di beberapa pohon besar yang sudah tua, serta melihat tupai yang berloncatan dari satu pohon ke pohon yang lain.

Bogor Sebagai sebuah kota yang dikelilingi pegunungan dan memiliki tanah yang subur serta berudara sejuk telah memikat Gubernur Jenderal Hindia Belanda saat itu, Thomas Stamford Raffles untuk mendirikan sebuah Istana yang sekarang dikenal Istana Bogor. 
Raffles yang memiliki minat besar dalam botani tertarik mengembangkan halaman Istana Bogor menjadi sebuah kebun yang cantik. Dengan bantuan ahli botani bernama W. Kent, halaman istana tersebut dibuat menjadi taman bergaya Inggris klasik yang menjadi cikal bakal Kebun Raya Bogor sekarang. Sebelum dikembangkan oleh Gubernur Raffles, Kebun Raya Bogor pada mulanya adalah bagian dari ‘samida’ (hutan buatan atau taman buatan) pada pemerintahan Prabu Siliwangi dari Kerajaan Sunda sekitar abad ke 14.

Dalam prasasti Batutulis, hutan buatan itu ditujukan untuk keperluan menjaga kelestarian lingkungan sebagai tempat memelihara benih benih kayu yang langka. Setelah Raffles tidak berkuasa lagi, Istana Bogor diambil alih oleh Gubernur Jenderal G. A. G. P. Baron van der Capellen yang atas gagasan Reinwardt kemudian mendirikan kebun botani sebagai kebun penelitian dan pengembangan tanaman perkebunan. Pada 18 Mei 1817 kebun raya botani tersebut diresmikan dengan nama ’s Lands Plantentuin te Buitenzorg dalam bahasa Belanda yang berarti “tidak perlu khawatir”. INFO WISATA WA 0819 04169 982 



Kebun Raya Bogor menawarkan suasanan dan nuasa alam yang indah dengan pohon-pohon yang tertata, taman, serta udara yang sejuk. Dari budaya masyarakat Indonesia dalam mengisi liburan membutuhkan suasana ramai bersama keluarga, sehingga Kebun Raya Bogor menjadi pilihan yang cocok.

Bagi keluarga cocok untuk berwisata kumpul bersama, bagi pelajar dan ilmuan atau peneliti, justru Kebun Raya adalah surga kegiatan penelitian. 
DESTINASI zona-zona yang banyak dikunjungi wisatawan selama musim liburan seperti Lapangan Astrid, Taman Astrid, Jl Kenari, Taman Teizmanm Taman Bhineka, dan Griya Anggrek.


Toko souvenir unik menjual tanaman dan bibit tanaman khas Indonesia

area bermain dan berkumpul keluarga yang luas

ALAMAT KEBUN RAYA BOGOR

Terletak di Jl. Ir. Juanda No.13, Bogor, Jawa Barat, Kebun Raya Bogor merupakan habitat seluas 87 hektare bagi sekitar 3.301 spesies tumbuhan, yang terbagi ke dalam 1.227 genus dan 218 family. Kelengkapan koleksi dan pengelolaannya menjadikkanya sebagai kebun botani terbaik keenam di dunia dan terbaik pertama di Asia Tenggara. Tak heran hal ini menjadi daya tarik bagi bagi wisatawan dari dalam maupun luar negeri. 

Letaknya di pusat kota Bogor dan dekat dari ibukota Jakarta menjadikan objek wisata ini cocok bagi kamu yang ingin berlibur bersama keluarga atau teman-teman. Hamparan rumput hijau yang luas serta pepohonan rindang bisa untuk bermain dan bersantai sambil menghirup udara segar. Tak hanya keindahan alamnya, berbagai koleksi tumbuhan dan hewan awetan yang dimiliki oleh kebun raya ini merupakan sarana pendidikan yang menarik dan cocok bagi semua kalangan. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2018/08/cari-tempat-outbound-murah-di.html

BERkeliling Kebun Raya tidak perlu repot - repot di sediakan Mobil Shutle







AKTIVITAS BERWISATA DI KEBUN RAYA BOGOR 

1. Melihat Koleksi Tumbuhan Sambil Berkeliling Kebun Raya Bogor

Hanya disinilah kamu bisa melihat koleksi tumbuhan langka dari dalam maupun luar negeri secara leluasa. Pengelola telah memberi papan keterangan di setiap tumbuhan atau pohon langka tersebut sehingga pengunjung bisa menambah wawan seputar ilmu botani. Selain melihat koleksi tumbuhan kamu juga bisa mengunjungi tempat-tempat menarik lainnya seperti Monumen Olivia Raffles, Makam-makam Belanda, Taman Meksiko, Taman Astrid, Jembatan Merah dll. 

Mengenai Jembatan merah, terdapat mitos yang sangat terkenal disini, konon katanya pasangan yang melalui jembatan ini tidak akan langgeng hubugannya. Jangan lupa untuk mengunjungi kawasan danau Gunting, karena dari situ kamu bisa melihat pekarangan belakang Istana Bogor yang cantik dan rusa-rusa peliharaan istana yang berkeliaran di taman rerumputan yang luas. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2018/07/cari-handy-craft-unik-di-yogyakarta.html


Jembatan merah


Taman Bambu

2. Piknik Bersama Keluarga Maupun Teman

Melihat banyaknya rerumputan hijau yang luas serta rindangnya pepohonan sungguh menggoda siapa saja untuk bersantai menikmatinya. Saat kamu berkunjung, tak ada salahnya untuk membawa tikar dan bekal makanan, setelah lelah berkeliling kamu bisa beristirahat sambil menikamti pemandangan tempat wisata ini bersama keluarga atau teman-temanmu. Taman-taman yang indah dan luas di sini menjadi favorit warga Bogor dan sekitarnya untuk sekedar melepas penat sambil berpiknik bersama keluarga.



Taman Palma Tropis

MUSEUM ZOOLOGI KEBUN RAYA BOGOR





Setelah melihat berbagai macam jenis tumbuhan, tak ada salahnya menambah pengetahuan kita mengenai hewan dengan mengunjungi Museum Zoologi yang bisa dimasuki secara gratis. Museum ini didirikan pada tahun 1894 yang digagasi oleh J. C. Koningsberger yaitu ahli botani berkebangsaan Jerman yang merupakan salah satu tokoh perintis dan pengembang Kebun Raya Bogor pada masanya. 

Di dalam museum ini terdapat beberapa kerangka dan jenis binatang yang diawetkan, diantaranya: burung, kepiting, serangga, ikan, dan lain sebagainya hingga mencapai 2.000 spesies. Salah satu yang menarik adalah terdapat kerangka hewan mamalia terbesar di dunia yaitu paus biru. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2018/06/wisata-magelang-ketep-pass-dan.html


KOLEKSI kerangka hewan mamalia



Sebagai satu pilihan, Ayah Ibu bisa mengajak anak-anak berjalan-jalan ke kota Bogor dan berkunjung ke Museum Zoologi di sana. Museum Zoologi ? Ya, museum berusia 110 tahun ini berlokasi di tengah-tengah rimbunnya pepohonan di dalam kompleks Kebun Raya Bogor dan merupakan salah satu objek yang wajib dikunjungi jika kita memasuki landmark Kota Hujan tersebut. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2018/05/jual-miniatur-vespa.html



Koleksi aves / Unggas




Foto pimpinan Museum Zoologi


Cara Menuju ke Museum Zoologi
Untuk berkunjung ke museum Zoologi, kita harus masuk melalui Pintu Masuk Utama Kebun Raya Bogor yang bertuliskan: KEBUN RAYA BOGOR PINTU 1 adalah pintu yang khusus diperuntukkan bagi pengunjung Kebun Raya Bogor yang menggunakan kendaraan. Untuk pengunjung yang berjalan kaki, tersedia pintu masuk yang terpisah. Bila para pengunjung pejalan kaki ingin ke Museum Zoologi  maka saat di dalam Kebun Raya harus berjalan mengarah ke Pintu 1. Di Pintu 1 inilah pengunjung membeli tiket masuk untuk pengunjung yang datang dengan kendaraan. Dengan membeli tiket masuk Kebun Raya Bogor, pengunjung juga sudah bisa masuk ke dalam Museum Zoologi secara gratis.
baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2018/04/pengharum-ruangan-di-yogyakarta.html
Catatan: 
Sebagai informasi, untuk hari Senin sampai dengan Sabtu, kendaraan pribadi roda empat diperbolehkan masuk ke dalam area KRB (namun Motor & Sepeda tetap tidak diperbolehkan masuk). INFO PAKET WISATA WA 08190 4169982 / 081565 04380





Koleksi yang bagus untuk jenis serangga hingga kupu - kupu

Sesuai dengan namanya, "Zoologi" yang berarti ilmu tentang dunia hewan/satwa, museum ini memamerkan 954 jenis awetan dan replika fauna yang terbagi dalam kelompok burung, mamalia, reptilian, amfibia, ikan, moluska, krustasea, dan serangga, baik yang sudah punah maupun yang masih hidup hingga sekarang.
Beberapa koleksi di museum ini adalah berupa tubuh asli satwa yang diawetkan namun ada juga yang berbentuk replika. Satwa-satwa yang sudah diawetkan ini ditempatkan di dalam ruang kaca yang suasananya dibuat sangat mendekati kondisi lingkungan asli tempat tinggal satwa tersebut. Dari gambaran di ruang kaca ini, anak-anak pun jadi bisa mengenal bentuk, perilaku, serta bagaimana kehidupan satu jenis satwa seolah-olah mereka masih hidup dan kita bisa melihatnya langsung di tempat tinggal aslinya.
baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2018/03/paket-wisata-merapi-kaliurang-dari.html


Koleksi Banteng Jawa yang terancam punah

Dan yang menarik adalah banyak jenis satwa di museum ini yang mungkin baru di ketahui pengunjung setelah melihatnya di Museum Zoologi. Koleksi satwa di museum ini memang mengesankan karena beberapa satwa jarang ada di dalam pustaka atau mungkin mereka sudah punah atau hampir punah.

Jalan-jalan wisata ke Museum Zoologi ini pastinya akan bermanfaat bagi anak-anak karena selain untuk mengisi waktu libur, wawasan dan kesadaran mereka tentang perlunya menjaga keselarasan dengan lingkungan pun akan semakin besar.



Badak Jawa sesuai dengan ukuran aslinya

KERANGKA PAUS BIRU 
Saat berkunjung ke Museum Zoologi , jangan lupa ajak anak melihat kerangka Paus Biru (Balaenoptera Musculus). Rangka Paus sepanjang 26 meter ini berasal dari paus yang terdampar di Pantai Pameungpeuk, Garut pada tahun 1916.  Dari tempat terdamparnya ini, kerangka Paus seberat 6.390 kilogram tersebut diangkut dengan gerbong kereta api ke Bogor dalam perjalanan selama 44 hari. Untuk mmebersihkan dan menyusun kembali rangka tersebut, diperlukan waktu kurang lebih 1 tahun!
Dengan melihat kerangka Paus Biru pastinya akan memberikan gambaran kepada anak-anak betapa hebat dan betapa besar satwa yang hidupnya di lautan ini.
baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2018/02/wisata-pantai-bantul-pantai-pandansari.html

KOLEKSI andalan museum ini Paus Biru sepanjang 26 meter



LOKASI
Museum Zoologi Bogor terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 9 Bogor, Jawa Barat dengan pintu masuk melalui Gerbang Kebun Raya Bogor.
JAM BUKA
Museum Zoologi Bogor buka setiap hari : Senin - Kamis    : 07.30 - 16.00 WIB, Jumat    : 07.30 - 11.30  & 13.00 - 16.30 WIB, Hari Libur      : 08.00 - 17.00 WIB

TIP BERWISATA ASIK

Tips dari DREAMGEDE Tour Travel di Bogor terkenal dengan julukan kota hujan, maka dari itu siap sedialah untuk membawa payung yang bisa melindungi dari panas terik maupun hujan. 

Saat libur panjang seperti libur Lebaran, Kebun Raya Bogor akan dipadati ribuan pengunjung, maka dari itu bagi kamu yang ingin menikmati susasana yang tenang dan asri, berkunjunglah saat hari biasa.  Agar bisa mengelilingi arealnya yang luas secara efisien, sebaiknya tentukan rute yang akan diambil untuk mengunjungi tempat-tempat yang menarik bagimu dengan melihat peta informasi di dekat pintu masuk. Sobat DREAMGEDE Tour Travel Gunakanlah alas kaki yang nyaman karena kamu akan berjalan kaki jauh. Bawalah bekal makan dan minuman karena pedagang yang berjualan hanya ada di spot-spot tertentu.

Pengelola Kebun Raya Bogor-LIPI, Kebun Raya Bogor adalah salah satu destinasi wisata yang letaknnya sangat strategis di tengah Kota Bogor, dapat dijangkau aksesnya oleh warga Bogor maupun dari luar. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.com/2018/01/rihlah-keluarga-di-jogja-penyelenggara.html


WA 08190 4169 982
SMS 08156 5043 80
BBM DC0A1DEB

0 komentar:

Posting Komentar